Home » News » Calon Menteri Jokowi Dapat Tanda Khusus Dari KPK

Calon Menteri Jokowi Dapat Tanda Khusus Dari KPK



Jakarta – Beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi memberikan daftar nama calon Menteri kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk dilakukan jejak rekam, untuk itu KPK sudah menyetorkan kembali dafatr nama calon Menteri tersebut dengan tanda khusus berwarna merah dan kuning kepada Joko Widodo dan Jusuf Kalla seusai pelantikan Presiden dan wakil Presiden tahun periode 2014-2019.

Menurut petinggi KPK, warna merah dan kuning itu sangat berpotensi dan ada kaitan dengan kasus korupsi, “Yang berisiko tinggi kami anggap merah. Yang kami anggap kurang, kami beri warna kuning,” ucap Wakil Ketua KPK, Zulkarnain, saat dihubungi wartawan, pada Senin (20/10/2014).

Calon Menteri Jokowi Dapat Tanda Khusus Dari KPK

Zulkarnain juga menjelaskan, metode penelusuran rekam jejak ini dengan cara membuat profil calon Menteri, apakah yang bersangkutan ada keterkaitan dengan kasus korupsi atau ketaatan yang bersangkutan terhadap aturan pencegahan tindak pidana korupsi, contohnya melaporkan harta kekayaan kepada KPK laporan harta kekayaan penyelenggaranegara (LHKPN), hadiah yang diterima serta mengumpulkan laporan dari masyarakat.

Disinggung soal KPK ikut menelusurinya, Zulkarnain menjawab jika ada nama yang berpotensi korupsi maka KPK akan menyelidikinya. “Kalau ada potential suspect, ya masuk. Kalau ada calon menteri yang begitu, dikasih warna merah,” tandanya.

Zulkarnain tidak menyebutkan calon Menteri yang disodorkan Jokowi ada nama yang berpotensi Korupsi atau tidak sama sekali, hanya saja dia berharap Jokowi memilih Menteri yang tidak bermasalah dikemudian hari nantinya.

Baca Juga:

“Ya kita lihat nanti. Ini masih tertutup, saya enggak mau fokus kepada orang per orang,” jelas Zulkarnain. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)