Home » News » Berita Ekonomi: Pelantikan Jokowi Bawa Sentimen Positif, IHSG Naik

Berita Ekonomi: Pelantikan Jokowi Bawa Sentimen Positif, IHSG Naik



Jakarta – Hari ini adalah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2014-2019. Seperti yang sudah diprediksi para analis, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo- Jusuf Kalla mengangkat laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di awal sesi perdagangan saham Senin (20/10/2014). Pada Pembukaan perdagangan saham, IHSG dibuka naik 39,63 poin (0,79 persen) ke level 5.093,37. laju IHSG berada di level tertinggi 5.101,21 dan erendah 5.067,87 menjelang peneutupan sesi pertama hari ini.

Berita Ekonomi: Pelantikan Jokowi Bawa Sentimen Positif, IHSG Naik

IHSG bergerak tertekan naik 51,77 poin atau 1,03 persen menjadi 5.080. Penguatan indeks saham ini ditopang dari 175 saham berada di zona hijau. Sementara itu, 82 saham di zona merah dan 80 saham diam di tempat. Secara sektoral, sebagian besar sektor saham menguat kecuali sektor saham perkebunan turun 0,34 persen. Sektor saham aneka industri naik 1,87 persen disusul sektor saham industri dasar menguat 1,74 persen.

Kenaikan IHSG menjadi salah satu tertinggi di bursa saham regional Asia pada hari ini. Kenaikan indeks saham tertinggi dialami oleh indeks saham jepang Nikkei. Indeks saham Jepang Nikkei naik 3,7 persen. Penguatan indeks saham Jepang ditopang kenaikan sektor saham otomotif dan tekonologi. Aksi beli investor asing juga mendorong penguatan IHSG. Setelah melakukan aksi jual selama dua pekan mencapai RP 3 triliun, investor asing melakukan kasi beli bersih sekitar 600 milyiar. Sedangkan investor lokal melakukan aksi jual sekitar 600 miliar.

Penguatan indeks saham ditopang oleh bursa saham AS menguat signifikan pada akhir pekan lalu di tengah sentimen positif dari rencana penambahan stimulus. Dari dalam negeri pertemuan antara presiden JOkowi dan Prabowo Subianto dalam pemilihan Presiden 2014 memberikan sentimen positif. (fauji nur – sisidunia.com)