Home » Ekonomi & Bisnis » PT KAI Menambah 1 KA Rute Malang-Jakarta

PT KAI Menambah 1 KA Rute Malang-Jakarta



Jakarta – Kini para pengguna jasa transportasi kereta api yang melalui rute jarak jauh dari Stasiun Kota Baru Malang โ€“ Jakarta akan mendapatkan pelayanan baru. Pasalnya pihak pengeloalan PT Kereta Api Indonesia menambah satu lagi kereta api rute Malang โ€“ Jakarta yaitu KA Ekonomi plus Jayabaya.

PT KAI Menambah 1 KA Rute Malang-Jakarta

Suyoto Wakil dari Kepala Stasiun Kota Baru Malang menjelaskan KA Jaya Baya tersebut akan mulai beroprasi pada hari ini Sabtu 18 Oktober 2014. Ia juga menambahkan KA tersebut bukan merupakan KA yang dialihkan. Akan tetapi kereta baru dari PT Industri Kereta Api yang langsung ditunjuk oleh menejemen pusat PT Kereta Api Indonesia.

KA Jaya Baya memiliki jadwal keberangkatan dari Malang pukul 10.45 dan akan sampai di Jakarta pada pukul 00.23. berbeda dengan KA yang sudah ada, Jaya Baya menempuh rite utara yakni Malang-Surabaya-Jakarta.

Sebelumnya memang sudah ada KA yang melayani rute Malang-Jakarta melalui jalur selatan seperti KA Bima, KA Mataremaja, KA Majapahit, dan KA Gajayana.

Jalur alternatif utara ini dianggap lebih efisien apabila dibandingkan dengan jalur selatan. Untuk jalur selatan biasanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 17 jam sedangkan untuk jalur alternatif baru ini hanya membutuhkan waktu 13 jam untuk sampai ke Jakarta.

Karena tidak ada subsidi dari pemerintah mulai 21 Oktober tarifnya tiketnya dibanderol Rp 250 ribu. Sedangkan pada 18-20 Oktober sebagai harga promo hanya dikenakan tarif Rp 185 ribu namun kini sudah habis terjual. (Arkha Satya – sisidunia.com)