Home » Ekonomi & Bisnis » Pada Januari 2015, Cukai Rokok Akan Naik

Pada Januari 2015, Cukai Rokok Akan Naik



Jakarta –┬áKementerian Keungan pada akhirnya akan menaikan cukai rokok senilai rata-rata 8,72 persen. Chatib Basri selaku Menteri Keuangan dikabarkan telah menandatangani perihal kebijakan tersebut yang berlaku mulai 1 Januari 2015.

Pada Januari 2015, Cukai Rokok Akan Naik

Chatib menjelaskan kenaikan tersebut beragam jenisnya. Akan tetapi kebijakan tarif cukai ini hanya diberlakukan kepada produsen yang memiliki tingakat produksi yang tinggi, sehingga untuk industri kecil tidak akan terkena imbasnya.

Kenaikan paling tinggi akan dialami pada jenis tembakau SKM golongan dua dan memiliki jumlah produksi lebih dari 2 miliar batang pertahunya. Angka kenaikan tersebut dari yang sebelumnya Rp 355 per batang kini menjadi Rp 415 per batang atau sekitar 16,9 persen.

Untuk kenaikan yang paling rendah pada jenis tembakau SKT golongan tiga B dan memiliki produksi yang tak lebih dari 350 jta batang per tahun. Pemerintah akan tetap memberlakukan cukai lama pada jenis produksi ini yakni Rp 80 per batang.

Seperti apa yang kita ketahui bersama, naiknya cukai rokok yang dilakukan oleh pemerintah ini bertujuan untuk memenuhi target APBN pada tahun depan yang ditarget Rp 119,7 triliun berasal dari cukai tembakau.

Pada gambaran APBN 2015, penerimaan cukai yang berasal dari tembakau ada 95 persen sedangkan untuk sisanya bersal dari cukai minuman yang mengandung ethil alkohol. ┬á(Arkha Satya – sisidunia.com)