Home » Gaya Hidup » Info Kesehatan: Pengidap Diabetes Tipe 2 Gunakan Lampu LED Untuk Rangsang Reaksi Obat

Info Kesehatan: Pengidap Diabetes Tipe 2 Gunakan Lampu LED Untuk Rangsang Reaksi Obat



Jakarta – Penyakit diabetes yang marak terjadi karena pola hidup yang kurang baik, sementara obat yang memicu pelepasan insulin dari penkreas bisa menimbulkan efek samping pada organ lain seperti otak dan jantung. Beberapa obat dapat menstimulasi terlalu banyak pelepasan insulin dan menyebabkan kadar gula darah anjlok secara drastis. Dalam mengurangi resiko tersebut, ilmuwan membuat obat baru untuk penyakit diabetes tipe 2 yang diaktifkan dengan cahaya biru. Metode ini dinilai bisa membantu pengobatan penyakit gula tersebut.

Info Kesehatan: Pengidap Diabetes Tipe 2 Gunakan Lampu LED Untuk Rangsang Reaksi Obat

Dilansir dari laman Imperial Kamis (16/10/2014) Hodson Peneliti dari Imperial College London dan LMU MUnich mengatakan “Obat bisa diaktifkan dalam waktu singkat saat dibutuhkan seusai makan dan mampu mereduksi komplikasi dengan mengontrol aktivitas obat ketika diperlukan dalam pankreas,” ucapnya. Para peneliti dari Imperial College London dan LMU Munich membuat obat biru dengan mengadaptasi pola molekul sulfonylurea yang berubah bentuk ketika terpapar cahaya biru. Dalam kondisi normal obat itu tidak akan aktif. Namun pasiesn, secara teori, bisa mengaktifkannya dengan menggunakan cahaha dari lampu light emitting diodes (LED) biru yang ditempelkan ke kulit. Hasil studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Nature Communication.

Hanya sedikit cahaya biru yang bisa menembus kulit, tapi itu sudah cukup dapat mengubah bentuk obat dan mengaktifkannya. Perubahan bisa dibalik sehingga obat bisa “dimatikan” ketika cahaya biru dipadamkan. Pada saat ini diperkirakan ada sekitar 350 juta orang didunia yang mengidap diabetes tipe 2. Penyakit ini menyerang orang yang memiliki pola makan berantakan dan jarang berolahraga, sementara diabetes tipe 1 disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik. (fauji nur – sisidunia.com)