Home » Ekonomi & Bisnis » Soal FCTC Pemerintah Supaya Bersikap Adil Kepada Petani Tembakau

Soal FCTC Pemerintah Supaya Bersikap Adil Kepada Petani Tembakau



Jakarta – Para penggiat kelompok anti rokok dan tembakau terus berupaya mendesak Presiden SBY untuk secepatnya mengaksesasi FCTC (Framework Convention on Tobacco Control).

Soal FCTC Pemerintah Supaya Bersikap Adil Kepada Petani Tembakau

Karena ada desakan tersebut, Hikmahanto Juwana Guru Besar Hukum Intenasional dari Universitas Indonesia mengungkapakan apabila presiden SBY mengambil kebijakn mengaksesasi FCTC dapat diartikan itu merupakan langkah pemerintah yang mengabaikan kesejahteraan rakyat, khususnya para petani tembakau.

Ia juga menambahkan, kegiatan bertani tembakau sudah mengakar menjadi tradisi turun temurun sebagian dari masyarakat Indonesia untuk mencari nafkah hidup.

Demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera adalah merupakan kewajiban kita bersama yang harus turut serta semua stakeholders yang ada. Oleh karena itu kementerian kesehatan serta beberapa intitusi atau lembaga yang terkait tidak berhak untuk meratifikasi FCTC.

Disisi lain Thomas Darmawan selaku Ketua Komite Tetap Industri Makanan, minuman serta Tembakau dari Kamar Dagang Industri (Kadin) menegaskan pada saat ini semua industri baik yang berskala kecil maupun besar tidak menyepakati adanya opsi penandatanganan FCTC. Mereka beralasan hal tersebut akan berdampak negatif terhadap industri rokok tanah air.

Ia juga menjelaskan, FCTC saat ini orentasinya lebih ke semangat pelarangan bukan pada pengendalian atau pembatasan. Oleh karena para pelaku industri yang berkecimpung didunia tersebut serentak menolaknya. (Arkha Satya -sisidunia.com)