Home » News » Berita Mancanegara: Pemerintah Catalunya Gagal Laksanakan Referendum, Barcelona Tetap di La Liga

Berita Mancanegara: Pemerintah Catalunya Gagal Laksanakan Referendum, Barcelona Tetap di La Liga



Madrid – Rencana referendum yang hendak dilakukan oleh daerah bagian Catalunya akhirnya dibatalkan. Kabar batalnya pelaksanaan referendum tersebut membuat pemerintah Spanyol lega. Hal ini disampaikan oleh Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy, menilai keputusan Pemimpin catalan yang membatalkan pemungutan suara untuk kemerdekaan (referendum) Catalunya sebagai berita yang melegakan. Ia siap membicarakan keputusan ini dengan Pemerintah otonomi Catalunya.

Berita Mancanegara: Pemerintah Catalunya Gagal Laksanakan Referendum, Barcelona Tetap di La Liga

Dikutip dari berbagai sumber Selasa (14/10/2014) Mariano Rajoy mengatakan “Pengumumam ini merupakan berita yang sangat baik dan merupakan kewajiban setiap orang untuk menghormati hukum,” ucapnya dalam forum ekonomi di Madrid. Rajoy sendiri menentang adanya rencana warga Catalunya yang berada di Timur Laut Spanyol untuk memerdekakan diri. Pemimpin Catalunya berjanji mendorong rencana kemerdekaan tersebut nyatanya menimbulkan ketegangan dengan Pemerintah Spanyol yang berpusat di Madrid. Awalnya Pemerintah Daerah Catalunya berusaha memperjuangkan kemerdekaan, namun selama pertemuan dengan partai pro referendum pada Senin, niat melepaskan diri dari Spanyol pun dibatalkan.

Sebelumnya Mahkamah Konstitusi Spanyol bulan lalu menangguhkan langkah hukum yang disahkan Pemerintah Daerah Catalan dalam mengatur suara voting kemerdakaan. Joan Herrera anggota parlemen Catalunya menyatakan Pemerintah Nasionalis Catalunya yang dipimpin Artur Mas, akan mengumumkan usulan alternatif pembentukan negara Catalunya. (fauji nur – sisidunia.com)