Home » News » Gunung Sinabung Terkini : Status Masih Siaga Zona Merah

Gunung Sinabung Terkini : Status Masih Siaga Zona Merah



Sumatera Utara – Gunung Sinabung yang terletak diwilayah Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, kembali meletus. Pihak pemerintah pun telah menetapkan status gunung terkait Siaga dimana untuk zona merah sebagai lokasi atau area berbahaya berada pada jarak lima kilometer dari titik kaki Sinabung.

Gunung Sinabung Terkini Status Masih Siaga Zona Merah

Akibat letusan itu, Selasa (14/10/2014), Sutopo Purwo Nugroho yang merupakan Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut jumlah pengungsi kini berada diangka 3.287 jiwa ditempatkan pada 16 lokasi pengungsian dengan terdiri dari 1.019 KK.

Sutopo Purwo pada keterangannya juga mengatakan terdapat dua orang warga setempat berkondisi alami gangguan jiwa dan kini sudah dibawa ke rumah sakit yang terletak di Medan untuk mendapat perawatan secara intensif. “Ada dua orang warga yang mengalami gangguan jiwa dievakuasi dari Desa Guru Kinayan,” ujarnya.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BPNB tersebut menambahkan hingga saat ini pihaknya fokus terhadap kelengkapan fasilitas diposko kesehatan maupun pendidikan. Pemerintah juga dilaporkan telah membagikan penutup hidung atau masker kepada masyarakat setempat serta mempersiapkan air bersih sebagai pembersih abu vulkanik dikawasan Desa Sipayung. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)