Home » Gaya Hidup » Berapa Jumlah Cairan yang Dibutuhkan Anak-anak dalam Sehari?

Berapa Jumlah Cairan yang Dibutuhkan Anak-anak dalam Sehari?



Jakarta – Berapa Jumlah Cairan yang Dibutuhkan Anak-anak dalam Sehari? Tubuh manusia sebagian besarnya terdiri dari cairan, oleh sebab itulah memenuhi kebutuhan air dalam tubuh sangat penting. Kebutuhan air untuk orang dewasa dan anak-anak pastinya berbeda. Lalu bagaimanakah cara menghitung kebutuhan cairan pada anak-anak?

Sebagaimana kita ketahui kebutuhan cairan normal orang dewasa sekitar 2-4 persen dari berat badan, berbeda dengan anak-anak ,pada anak kebutuhannya mencapai 10-15 persen dari berat badannya.

Berapa Jumlah Cairan yang Dibutuhkan Anak-anak dalam Sehari?

Dalam acara media edukasi Hidrasi pada Anak di Jakarta (8/10/14) dr. Sudung O Pardede, Sp.A(K) berkata “Sejak lahir anak terus mengalami pertumbuhan sampai dewasa, karena itu kebutuhan airnya juga lebih banyak,”

Ada beberapa hal yang menjadikan kebutuhan air pada anak-anak lebih banyak. disamping karena faktor masa pertumbuhan, Fungsi konsentrasi air kemih pada ginjal anak juga belum sempurna, sehingga frekuensi untuk berkemih juga jauh lebih cepat. Satu hal lagi, luas permukaan tubuh anak juga relatif besar sehingga kehilangan air melalui kulit pun menjadi lebih banyak.

Yang tak kalah penting adalah memperhatikan kualitas air yang diminum. Air yang memenuhi syarat adalah air yang tidak berasa, tidak berbau dan jernih, serta tidak mengandung cemaran.

Jumlah air yang harus diminum juga tergantung pada beberaoa hal antara lain: makanan yang dikonsumsi, suhu dan kelembaban lingkungan, tingkat aktivitas, dan kondisi tubuh. Berikut daftar kebutuhan air anak perhari berdasarkan usia, berat badan, dan aktivitas anak :
Usia 1-3 tahun =1,1 liter/ hari = 4 gelas
Usia 4-6 tahun = 1,4 liter/hari =6 gelas
Usia 7-9 tahun = 1,6 liter/hari = 6 gelas
Anak laki-laki (10-12 tahun) = 1,8 liter/hari = 7 gelas
Anak perempuan (10- 12tahun) = 1,9 liter/hari = 8 gelas

Dudung Menjelaskan lebih lanjut “Ini hanya rata-rata, karena saat umur setahun bisa saja berat badannya berbeda, jadi berbeda kebutuhannya. Jika anak sedang demam dan keringatnya banyak maka harus ditambah lagi asupan airnya. Untuk kenaikan 1 derajat celcius diatas 38 maka harus ditambah lagi 12% kebutuhan airnya dari batas normal,” (Nailah Azka – SisiDunia.com).