Home » Ekonomi & Bisnis » Seperti Klaim Atas Batik, Malaysia Mulai Nyontek Kopi Luwak Indonesia

Seperti Klaim Atas Batik, Malaysia Mulai Nyontek Kopi Luwak Indonesia



Jakarta – Kenikmatan kopi luwak Indonesia yang mampu tembus pasar dunia, kini rupanya negeri tetangga juga mulai melirik komoditi ini.

Seperti Klaim Atas Batik, Malaysia Mulai Nyontek Kopi Luwak Indonesia

Leman Pahlevi dari Charmain Speciality Coffe Sssociation of Indonesia mengungkapkan bahwa negara yang mulai merintis ekspor kopi luwak adalah negeri jiran Malaysia. Akan tetapi mereka masih melakukan pengkapalan dalam sekala yang terbilang sangat kecil.

Ia juga menambahkan pada dasarnya kopi luwak dapat diproduksi dimana saja. Hal itu tergantung pada habitat luwaknya itu sendiri. Dan untuk Malaysia dalam waktu yang dekat ini belum mejadi ancaman yang serius bagi ekspor komoditi kopi luwak Indonesia.

Akan tetapi karena kopi luwak ini dapat diproduksi di negara-negara lain. Bukan hanya dari Malaysia saja yang akan menjadi ancaman komoditi ini, negara lain pun juga memiliki peluang yang sama sebagai pesaing Indonesia. Hal ini diperparah dengan belum adanya hak paten Kopi Luwak atas Indonesia. Oleh karena itu nasib Kopi Luwak dari Indonesia ini bisa senasib dengan kerajinan Batik yang pernah diklaim oleh Malaysia. Dan peran pemerintah disini sangat penting.

Sebagai informasi saat ini Kopi Luwak menyandang predikat sebagai kopi termahal di dunia. harga satu kilonya bisa mencapai US$ 200 atau kalau dikruskan sekitar Rp 2,4 juta/kg. (Arkha Satya – sisidunia.com)