Home » Ekonomi & Bisnis » Semen Indonesia Merambah Vietnam dan Bangladesh

Semen Indonesia Merambah Vietnam dan Bangladesh



Jakarta – PT Semen Indonesia Tbk (Persero) kini berusaha melakukan perluasan wilayah ke Vietnam dan Bangladesh. Proses akuisisi direncanakan akan selesai pada tahun depan dengan total investasi hingga mencapai US$ 300 juta atau sekitar Rp 3,6 triliun.

Semen Indonesia Merambah Vietnam dan Bangladesh

Johan Samudra selaku Direktur Semen Indonesia membenarkan hal tersebut. PT Semen Indonesia Tbk akan membeli penggilingan semen di Bangladesh dengan nilai US$ 50 juta. Sementara itu untuk di Vietnam perusahan tersebut tengah melakukan pendekatan dengan dengan perusahaan yang ada di negara tersebut.

Dengan adanya proses akuisisi ini, ia berharap banyak akan menambah produktivitas yang mampu mencapai 3 juta ton per tahun. Sehingga pada tahun 2017 diharapkan target produksi 42 juta ton pertahun akan tercapai.

Sementara itu PT Semen Indonesia dalam pendanaan proyek tersebut ia peroleh dari dana internal perusahaan sendiri. Akan tetapi ia juga tengah melakukan pendekatan untuk memperoleh dana segar dari beberapa bank.

Pada tahun ini. Emiten berkode SMGR tersebut mempunyai target produksi yang mencapai 31 juta ton. Johan yakin target tersebut akan terealisasi kendati rupiah mengalami pelemhan yang cukup signifikan. Pasalnya investasi pabrik yang ada di Indonesia 70 persen memamkai barang impor dan itu pasti akan mengganggu kinerja perusahaan.

Sedangkan Semen Indonesia sendiri kini tengah membangun sejumlah pabrik di Tanah Air. Seperti di Padang, dan pabrik di Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Yang kesemuanya mampu memproduksi 3 juta ton pertahun. (Arkha Satya – sisidunia.com)