Home » Ekonomi & Bisnis » Rupiah Kian Sulit Bangkit Karena Jerman Ikut-Ikutan Krisis

Rupiah Kian Sulit Bangkit Karena Jerman Ikut-Ikutan Krisis



Jakarta – Dengan melemahnya perekonomian di Jerman Kurs rupiah kelihatanya akan semakin sulit bangkit dari dolar Amerika Serikat (AS). Negara yang pernah bermimpi menguasai dunia melalui Hitler tersebut merupakan baro meter dari perekonomian yang ada di kawasan Eropa.

Rupiah Kian Sulit Bangkit Karena Jerman Ikut-Ikutan Krisis

A Tony Prasetiantono dari Pusat Ekonomi dan Kebijakan Publik (Universitas Gadjah Mada) mengungkapkan adanya ancaman krisis ekonomi yang mengancam Jerman membuat nilai tukar dolar Amerika Serikat akan semakin meraja.

Pada sebulan terakhir ini rupiah tercatat melemah 3,3 persen dan masuk kedalam kurs yang mengalami pelemahan yang paling buruk dari beberapa negara-negara yang tergolong ke pasar yang baru berkembang.

Adapun penyebaba terbesar dari pelemahan rupiah menurut Tony adalah karena tidak kondusifnya politik di Indonesia yang memberikan ketidak pastian. Secara mendasar menurutnya perekonomian Indonesia tidak sebegitu parah. Ini dapat dilihat melalui tingkat invlasi yang masih pada 4,53 persen, cadangan devisa yang masih US$ 111,164 miliar, sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi masih diatas 5 persen.

Menurut Debuty Country Director ADB Indonesia Edimon Ginting adanya perlambatan perekonomian yang ada di Jerman akan memiliki pengaruh pada ekspor Indonesia. Dan Jerman merupakan salah satu tujuan utama negara yang dituju Indonesia di kawasan Eropa. (Arkha Satya – sisidunia.com)