Home » News » Penyebab Meledaknya Pesawat Eks Sriwijaya Air di Bandara Soekarno-Hatta

Penyebab Meledaknya Pesawat Eks Sriwijaya Air di Bandara Soekarno-Hatta



Tangerang – Insiden meledaknya bangkai pesawat eks Sriwijaya Air yang tengah dimutilasi oleh 15 pekerja di dalam hanggar PT. Garuda Maintenance Facility, Bandara Soekarno-Hatta, diduga kuat terjadi akibat adanya bahan bakar avtur yang masih tersisa dalam tangki pesawat.

Penyebab Meledaknya Pesawat Eks Sriwijaya Air di Bandara Soekarno-Hatta

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan Sisidunia (Minggu, 12/10/2014), ledakan pesawat itu terjadi karena masih adanya bahan bakar avtur yang ternyata masih ada di tangki pesawat. Menurut Yadi selaku mandor PT. Wira Jaya, hal tersebut tidak diketahui oleh para pekerja yang tengah memutilasi badan pesawat tersebut dan percikan api dari pemotongan di bagian ekor ternyata menyambar bahan bakar yang akhirnya menimbulkan ledakan.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Kombes Pol CH Pattopoi selaku Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Tangerang. Saat dikonfirmasi, Kapolres juga mengungkapkan bahwa sesaat setelah ekor pesawat terbakar dan terjadi ledakan, api dapat dengan cepat dikuasai.

Baca Juga
Pesawat Sriwijaya Air Meledak di Soekarno-Hatta, Dua Pekerja Kritis

Ledakan pesawat itu sendiri menelan satu korban jiwa dan satu korban luka bakar serius dari karyawan PT. Wira Jaya. Korban tewas bernama Wanto (29), yang tewas setelah mengalami luka bakar serius hingga 100% di sekujur tubuhnya. Korban tewas sempat dibawa ke RSUD Kabupaten Tangerang, namun nyawanya tidak tertolong walaupun telah dilakukan tindakan operasi dan pemasangan alat bantu pernapasan. Sementara satu korban kritis lainnya, Jamari (29), masih dalam perawatan intensif di RSUD Kabupaten Tangerang dengan mengalami luka bakar hingga 55% di sekujur tubuhnya dan patah di kaki kiri. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)