Home » News » Pelantikan Jokowi-JK Bisa Digagalkan

Pelantikan Jokowi-JK Bisa Digagalkan



Jakarta – Pusat Kajian Trisakti (Pusaka Trisakti) mengingatkan potensi terjadinya vacum of power seandainya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo – Yusuf Kalla digagalkan pada 20 Oktober nanti.

Pelantikan Jokowi-JK Bisa Digagalkan

Kontributor Sisi Dunia menerima pandangan Pusaka Trisakti (Minggu, 12/10/2014) yang menyebutkan masih ada celah yang dapat dimanfaatkan pihak lain untuk menggagalkan pelantikan nanti.

Fahmi Habsy selaku Direktur Ekskutif Pusaka Trisakti menerangkan jika celah tersebut terdapat pada multitafsir pasal 14, 15 ayat (1) dan (2), pasal 34 ayat (4), (5), (6), (7), Undang-undang nomor 17 tahun 2014 terntang MPR, DPR, DPD, serta DPRD.

Kata “pimpinan MPR” dalam tiga pasal kunci tersebut berpotensi menimbulkan multitafsir. Hal ini bisa memunculkan hujan interupsi mengenai ketidakhadiran lengkap Pimpinan MPR pada sidang paripurna yang direncanakan akan digelar pada malam hari.

Fahmi pun dengan tegas menyatakan hal ini bisa menimbulkan 99 persen potensi Jokowi-JK batal dilantik jika sampai 23.59.59 20 Oktober 2014 terjadi manuver interupsi di paripurna. Pusaka Trisakti pun mendesak Mahkamah Konstitusi untuk menafsirkan kata “pimpinan MPR” tersebut. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)