Home » Gaya Hidup » Makan Telur Tiap Hari, Baguskah Untuk Kesehatan?

Makan Telur Tiap Hari, Baguskah Untuk Kesehatan?



Jakarta – Banyak pendapat baik dan buruk muncul seputar masalah mengkonsumsi banyak telur. Ada yang mengatakan mengkonsumsi banyak telur mendukung pertumbuhan, bahkan memperbesar otot, ada pula yang menganggap jika konsumsi banyak telur bisa meningkatkan kolesterol.

Makan Telur Tiap Hari, Baguskah Untuk Kesehatan?

Ditengah simpang siur pendapat tersebut, telur memang memiliki kolesterol tinggi. Satu telur diperkirakan mengandung 200 ml kolesterol. Bahkan, kandungan tersebut diperkirakan dapat meningkat hingga 350 ml jika Anda mengonsumsinya bersama dengan makanan lain.

Meskipun mengandung banyak kolesterol anda tidak perlu khawatir. Karena, telur juga memiliki manfaat kesehatan yang beragam. Kolesterol yang ada dalam telur tidak selamanya jahat.

Ada penelitian yang mengatakan, pengidap penyakit jantung dan koroner tidak diperbolehkan makan telur terlalu banyak. Namun pada kenyataannya, kandungan kolesterol dalam telur mampu menyeimbangkan kolesterol buruk dalam darah. Selain itu, telur juga merupakan sumber nutrisi yang komplet karena mengandung choline, protein, dan juga zat besi.

Para ahli juga menyatakan bahwa, telur bisa dikonsumsi enam sampai tujuh butir setiap pekan. Asalkan, Anda tidak memiliki masalah dengan kolesterol atau tekanan darah tinggi.

Saat kondisi anda sehat, anda boleh mengonsumsi lebih dari satu butir telur setiap hari. Untuk penderita jantung, telur boleh dikonsumsi sebanyak empat butir setiap pekan. Tentu saja, hal ini tetap disesuaikan dengan bagaimana cara memasak telur. Sebenarnya banyak ahli mengatakan bahwa cara paling baik untuk mengonsumsi telur dengan merebusnya. (Nailah Azka SisiDunia.com).