Home » News » Berita Transportasi: Jalan Tol Mojokerto-Kertosono Akan Diresmikan Senin Esok

Berita Transportasi: Jalan Tol Mojokerto-Kertosono Akan Diresmikan Senin Esok



Mojokerto – Djoko Kirmanto selaku Menteri Pekerjaan Umum rencananya akan meresmikan Jalan Tol Mojokerto-Kertosono Seksi 1 pada Senin (13/10) esok. Jalan tol tersebut merupakan bagian dari proyek nasional jalan tol Trans Jawa, yang akan menjadi ruas jalan tol terpanjang di Jawa Timur dengan jarak total sepanjang 40,5 km.

Berita Transportasi: Jalan Tol Mojokerto-Kertosono Akan Diresmikan Senin Esok

Berdasarkan pantauan wartawan Sisidunia (Minggu, 12/10/2014), Seksi 1 ruas jalan Tol Mojokerto-Kertosono sepanjang 14,7 km diharapkan mampu menjadi solusi kepadatan lalu-lintas di sekitar wilayah Jombang dan Mojokerto, khususnya arus lalu-lintas dari Kertosono menuju Ploso dan sebaliknya, serta dari arah jombang menuju Kertosono dan sebaliknya.

Peresmian esok sekaligus menjadi tanda kesiapan beroperasinya ruas jalan tol tersebut. Gerbang Tol sisi barat yang disebut Gerbang Bandar, berada di Kecamatan Bandarkedungmulyo, sementara Gerbang Tol sisi timur berada di Tembalang dan disebut Gerbang Jombang.

Wiwiek D. Santoso selaku Presiden Direktur PT. Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) menuturkan bahwa sebelumnya pihaknya telah menargetkan akan mulai mengoperasikan ruas tol Mojokerto-Kertosono Seksi 1 ini sebelum tahun 2014 berakhir dan akhirnya target tersebut dapat terpenuhi berkat dukungan banyak pihak, yaitu dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah hingga masyarakat Jombang.

Baca Juga
Jokowi Didukung Demokrat Untuk Lanjutkan Bali Democracy Forum (BDF)
DPR Berencana Memanggil KPK Dan Jaksa Agung
Penyebab Meledaknya Pesawat Eks Sriwijaya Air di Bandara Soekarno-Hatta

MHI sendiri memiliki peran sebagai Badan Usaha Jalan Tol yang memegang hak konsesi ruas tol ini dan merupakan anak perusahaan dari PT. Astratel Nusantara.

Ruas jalan tol Mojokerto – Kertosono Seksi 1 ini dibangun dengan perkerasan beton, baik di lajur utama (dua lajur, dua arah) ataupun bahu jalan. Rencananya ruas tol ini akan memiliki tiga lajur, maka saat ini di sebagian besar seksi 1 ini median jalannya masih sangat lebar sebagai lahan untuk menambah lajur nantinya.

Sebelumnya, PT Astra International .Tbk lewat salah satu anak perusahaannya, PT Marga Mandala Sakti, telah mengoperasikan jalan tol ruas Tangerang-Merak yang berjarak total 72,5 Km. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)