Home » News » Berita Politik: Jokowi Didukung Demokrat Untuk Lanjutkan Bali Democracy Forum (BDF)

Berita Politik: Jokowi Didukung Demokrat Untuk Lanjutkan Bali Democracy Forum (BDF)



Jakarta โ€“ Presiden terpilih, Jokow Widodo, atau yang lebih dikenal dengan Jokowi, diharapka tidak surut dalam meneruskan program-program internasional yang telah lebih dulu dimulai di pemerintahan Presiden SBY, karena program-program internasional yang telah dibangun tersebut telah meningkatkan citra Indonesia di mata internasional. Salah satu wadah atau forum internasional dimana Indonesia aktif berperan adalah Bali Democracy Forum (BDF), yang pada tahun ini baru saja berakhir pada 11 Oktober 2014 lalu.

Berita Politik: Jokowi Didukung Demokrat Untuk Lanjutkan Bali Democracy Forum (BDF)

Penyelenggaraan BDF selalu dihadiri tokoh-tokoh internasional, termasuk sejumla kepala negara atau kepala pemerintahan dari berbagai negara. Untuk tahun ini saja, hadir Sultan Brunei, Hassanah Bolkiah, Presiden Filipina, Benigno Aquino, dan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao.

Baca Juga
DPR Berencana Memanggil KPK Dan Jaksa Agung
Jokowi Bahas Kerjasama Dengan Menlu SriLanka

Terkait isu keaktifan Indonesia dalam forum tersebut, politisi Partai Demokrat, Michael Wattimena, mengatakan pada Minggu (12/11/2014), bahwa tidak ada salahnya jikwa Jokowi meneruskan program-program BDF. Wattimena meneruskan bahwa pengalaman selama ini, hadirnya tokoh penting di forum tersebut menunjukkan bahwa iklim demokrasi di Indonesia, khususnya di masa Pemerintahan SBY, telah mendapat pengakuan dunia internasional. Oleh karena itu, Partai Demokrat sangat mendukung Jokowi untuk melanjutkan keberlangsungan forum tersebut.

Adapun BDF pertama kali digelar pada tahun 2008, atas gagasan Presiden SBY. Forum ini bertujuan sebagai wadah pertukaran pikiran dan pengalaman mengenai penerapan dan perkembangan demokrasi di Indonesia, sebagai tuan rumah, dan beberapa negara yang hadir di sana. (Rindi Ayunda โ€“ www.sisidunia.com)