Home » Gaya Hidup » Beberapa Manfaat dan Kegunaan Buah Nangka untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat dan Kegunaan Buah Nangka untuk Kesehatan



Jakarta โ€“ Nangka merupakan buah yang amat lazim ditemukan di Indonesia dan daerah tropis lainnya. Tanpa kita sadari ternyata buah ini menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan, mulai dari daging buah hingga ke bijinya memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang luar biasa.

Beberapa Manfaat dan Kegunaanh Buah Nangka untuk Kesehatan

Berikut adalah manfaat buah nangka bagi kesehatan, sebagaimana dilansir laman Healthmeup:

Yang Pertama adalah meningkatkan imunitas. Nangka mengandung vitamin C yang cukup tinggi, sebagaimana diketahui vitamin C berfungsi sebagai antivirus dan antibakteri. Vitamin C juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsinya.

Yang kedua Memperbaiki pencernaan. Karena kandungan seratnya sangat banyak maka buah nangka dapat berfungsi sebagai pencuci perut. Hal ini dapat membantu meningkatkan kerja pencernaan dan juga mencegah sembelit.

Yang ketiga menjaga kesehatan kulit. Buah yang kaya antioksidan seperti nangka dapat memperlambat aktivitas radikal bebas yang menyebabkan penuaan. Biasanya terpapar polusi, sinar UV, asap, dan zat lain yang merugikan kulit Anda menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Yang keempat adalah Mencegah kanker. Selain vitamin C nangka juga mengandung zat pelawan kanker antara lain: fitonutrien, lignan, isoflavon, dan saponin. Zat-zat tersebut tidak hanya memperlambat radikal bebas yang menyebabkan kanker tetapi juga meningkatkan sel hidup lainnya di dalam tubuh.

Yang terakhir untuk kesehatan tulang. Dalam buah nangka terkandung sejumlah kalsium yang baik yang membantu memperkuat dan meningkatkan kesehatan tulang. Nangka juga mengandung kalium yang membantu mengurangi hilangnya kalsium melalui ginjal. (Nailah Azka SisiDunia.com).