Home » News » Sebastian : Koalisi Merah Putih Tidak Akan Bertahan Lama

Sebastian : Koalisi Merah Putih Tidak Akan Bertahan Lama



Jakarta – Keberhasilan Koalisi Merah Putih (KMP) dalam merebut posisi strategis didalam Parlemen mendapatkan tanggapan dari Sebastian Salang selaku Koordinator Forum Masyarakat Pecinta Parlemen (Formmapi), menurutnya KMP bisa kompak karena da bagi-bagi kekuasaan saja.

“Yang jadi perekat partai politik dalam koalisi merah putih satu sama lain tidak lain adalah kue kekuasaan,” ujar Sebastian dalam diskusi bertajuk ‘Bukan Parlemen Biasa’ di Warung Daun, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (11/10/2014).

KMP Bagi Bagi Kekuasaan

Sebastian mencontohkan tentang bagi bagi kekuasaan yang dimaksut, contohnya jumlah kursi pimpinan yang didapatkan KMP di parlemen dengan perolehan kursi di DPR, PKS dengan 40 kursi parlemen, Demokrat dengan 63 kursi dan Gerindra dengan 70 kursi mendapatkan dua posisi di parlemen. Sedangkan PAN dengan 48 kursi parlemen mendapatkan kursi di wakil ketua DPR dan wakil ketua MPR. Namun PPP tidak mendapatkan satu kursi di parlemen.

“Golkar sebagai peraih suara terbanyak kedua mendapatkan ketua DPR dan wakil ketua MPR. Kurang hebat apa dia. Tinggal satu nih, yaitu kelengkapan dewan. Ini yang akan dibagi-bagi. Setelah kue habis dibagi-bagi, apakah ada hal yang membuat koalisi ini bertahan?” tegas Sebastian.

Baca Juga:

Kenyataan inilah yang membuat Sebastian berfikir jika keberadaan Partai yang tergabung dalam KMP tidak akan bertahan lama, karena mereka bisa bersatu karena da  bagi-bagi kekuasaan saja, “Politisi di parlemen itu tidak tahan lapar bos,” tutupnya. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)