Home » Gaya Hidup » Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Gigi Dan Mulut

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Gigi Dan Mulut



Jakarta โ€“ Sebagian orang tidak menyukai minum kopi karena khawatir akan dampak buruknya terhadap kesehatan gigi dan mulut. Kebanyakan orang yang mempercayai hal ini sebenarnya tidak pernah mengetahui secara pasti kebenaran pernyataan tersebut. Lalu, benarkah minum kopi berdampak buruk terhadap kesehatan gigi dan mulut?

Manfaat kopi untuk kesehatan gigi dan mulut

Penelitian yang telah dilakukan oleh Boston University sepertinya membawa angin segar bagi para pecinta kopi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa antioksidan di dalam kopi dapat melawan penyakit gusi. Hal ini tentunya menguatkan alasan mengapa Anda harus minum kopi.

Seperti dilansir laman Okecone.com Dalam penelitian ini para peneliti memeriksa catatan kesehatan gigi 1.152 orang di US Department of Veterans Affairs Teeth Longitudinal Study. Para peserta disurvei mengenai konsumsi asupan kopi dan hasilnya dibandingkan dengan catatan kesehatan gigi mereka pada periode tertentu untuk mencapai kesimpulan.

Spesialis kesehatan School of Dental Medicine, Nathan, menemukan bahwa mengkonsumsi kopi ternyata dapat menurunkan risiko berkurangnya jumlah gigi karena kehilangan tulang periodontal. Nathan juga memaparkan bahwa meskipun risiko penurunan terbilang kecil, namun sangat signifikan.

dikutip Newsmaxhealth, Minggu (24/8/2014) Nathan memaparkan “Kami menemukan bahwa konsumsi kopi tidak memiliki efek buruk pada kesehatan periodontal, justru sebaliknya. Minum kopi mungkin memiliki efek perlindungan terhadap penyakit periodontal,”

Dia juga menambahkan “Ini adalah studi jangka panjang pertama dari jenisnya yang telah meneliti hubungan antara konsumsi kopi dan penyakit periodontal pada manusia,” (Nailah Azka SisiDunia.com).