Home » Gaya Hidup » Cara Penularan Virus Ebola Yang Harus Diwaspadai

Cara Penularan Virus Ebola Yang Harus Diwaspadai



Jakarta โ€“ Saat ini virus Ebola atau EBOV bagaikan momok bagi seluruh dunia. Tercatat periode ini adalah epidemic terburuk ebola sejak pertama kali virus ini ditemukan. Ada beberapa factor yang diduga menjadi penyebab penyebaran.

Cara Penularan Virus Ebola Yang Harus Diwaspadai

Virus Ebola mengakibatkan terjadinya serangan penyakit demam berdarah Ebola. terdapat lima strain virus Ebola, yakni Bundibugyo ebolavirus, Zaire ebolavirus, Reston ebolavirus, Sudan ebolavirus, dan Tai Forest ebolavirus. Reston ebolavirus didapati di Filipina dan China pada binatang, jenis ini dapat menginfeksi manusia namun tidak menjadikan penyakit. Yang paling sering menimbulkan wabah adalah jenis Bundibugyo, Zaire ebolavirus, dan Sudan ebolavirus.

Prof dr Umar Fahmi Ahmadi, MPH., Ph.D, seorang Guru Besar Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) sekaligus Mantan Ditjen P2PL Kemenkes RI ini menjelaskan, cara penularan virus adalah melalui kontak cairan penderita, seperti keringat, darah, sperma, liur, dan cairan lainnya.

“Kontak dengan penderita melalui media tersebut, belum ada bukti penularan melalui udara,” katanya, dalam keterangan tertulis, seperti dilansir laman Okezone

Umar juga menambahkan penularan Ebola, dapat juga terjadi akibat kontak dengan binatang yang sudah mati, seperti antilop, monyet, gorila, dan lainnya. Cairan dari binatang tersebut atau dari manusia lewat kontak kulit, terutama jika kulit terluka sedikit.

“Menangani mayat korban juga dapat tertular, jadi harus dengan sarung tangan dan baju yang anti kontak cairan,” jelas Umar lebih lanjut. Karena itu, Umar sangat menganjurkan untuk menjaga kebersihan badan dan sering cuci tangan menggunakan sabun. (Nailah Azka SisiDunia.com).