Home » Ekonomi & Bisnis » Bursa Asia Kembali Melemah Karena Sentimen Negatif Yang Berlebih

Bursa Asia Kembali Melemah Karena Sentimen Negatif Yang Berlebih



Jakarta – Bursa saham ASIA setelah mengalami penguatan, kini kembali melemah di pembukaan perdagangan pagi hari ini, Jum’at (10/10/2014). Faktor utama yang mengakibatkan hal ini adalah sentimen global yang negatif.

Bursa Asia Kembali Melemah Karena Sentimen Negatif Yang Berlebih

Indeks MSCI Asia Pasifik melemah 1 persen pada 09.48 waktu setempat Tokyo, Jepang. Indeks Topix Jepang juga melemah 1,5 persen, serta indeks S & P/ASX 200 Australia melemah 1,8 persen, ini merupakan penurunan terbesar secara harian sejak Agustus kemarin. Indeks Kospi Korea Selatan mengalami hal yang serupa turun 0,9 persen.

Melempemnya Bursa Asia Pasifik tersebut diakibatkan karena adanya kekhawatiran terkait mundurnya perekonomian secara global terutama di dataran Eropa.

Bank Sentral Amerika Serikat juga memberikan gambaran akan adanya outlook ekonomi negara tersebut yang kemungkinanbesar juga akan berimbas negatif pada perekonomian dunia.

Oleh sebab itu, kondisi yang dihadapi sekarang membuat para pelaku pasar berusaha untuk menghindari aset-aset yang tidak memiliki resiko yang tinggi diantaranya adalah aset-aset saham yang ada dinegara berkembang yakni Asia.

Disisi lain ada banyak pengruh negatif di dunia ekonomi dewasa ini. Di Amerika, kawasan Eropa dan Asia kesemuanya menunjukan tanda perlambatan perekonomian. (Arkha Satya – sisidunia.com)