Home » Travel & Kuliner » Resep Masakan: Cara Membuat Ikan Tengiri Siram Saus Taoco Lezat

Resep Masakan: Cara Membuat Ikan Tengiri Siram Saus Taoco Lezat



Jakarta – Ingin memasak menu yang berfizi, tetapi bingung mau diolah menjadi apa? Nah untuk resep masakan kali ini, kami akan berikan resep dengan bahan dasar ikan.

Resep Masakan: Cara Membuat Ikan Tengiri Siram Saus Taoco Lezat

Disini kita akan membuat ikan tengiri, yang tentunya mempunyai gizi yang sangat tinggi, proteinnya juga tinggi. Cara membuatnya sangat mudah sekali, jika anda ingin melihat resep dan juga caranya simak dibawah ini. Resep ini didapat dari kutipan sajian sedap, Kamis (9/10/2014).

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
5 buah tenggiri steak
2 sendok teh air jeruk nipis
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk

Bahan Saus:
5 butir bawang merah, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
1 cm jahe, dimemarkan
5 buah cabai hijau, buang biji, potong korek api
5 sendok makan taoco
1 sendok teh kecap manis
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok makan gula merah
150 ml air
1 sendok teh maizena dilarutkan dengan 2 sendok teh air untuk mengentalkan
1 batang daun bawang, diiris miring

Terlebih dahulu lumuri ikan dengan jeruk nipis dan juga garam, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu bakar terlebih dahulu ikan diatas pan, hingga matang.

Langkah berikutnya membuat saus, tumislah bawang merah, bawang putih dan juga jahe hingga keluar aroma harum. Lalu selanjutnya masukkan cabai hijau, aduk hingga semua bahan menjadi layu.

Kemudian tambahkan taoco ke dalam tumisan, lalu kecap manis, garam, merica bubuk, gula merah, lalu aduk semua hingga merata. Beri air lalu masak hingga mendidih, masukkan larutan tepung maizena untuk mengentalkan. Aduk kembali sampai merata, lalu masukkan daun bawang.

Ikan tengiri ini bisa langsung disajikan, dengan disiram dengan saus taoco, selamat mencoba dan menikmati. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)