Home » Ekonomi & Bisnis » Harga Emas Dunia Naik, Efek Menguatnya Nilai Mata Uang Dollar Amerika

Harga Emas Dunia Naik, Efek Menguatnya Nilai Mata Uang Dollar Amerika



New York – Hasil dari pertemuan Bank Sentral Amerika Serikat atau The Fed, mengungkapkan keprihatinan akan penguatan nilai tuakr dolar AS yang culup tinggi dan pertumbuhan ekonomi dunia yang melemah selain itu harga emas pada perdagangan kemarin mengalami penguatan. Para pejabat The Fed pada pertemuan yang dilakukan 16 hingga 17 september lalu khawatir akan perkembagan nilai tukar dolar yang mengalami penguatan. Pasalnya, penguatan tukar tersebut dapat mempengaruhi perkembangan perekonomian negara adidaya tersebut.

Harga Emas Dunia Naik, Efek Menguatnya Nilai Mata Uang Dollar Amerika

Dikutip dari laman Wall Street Journal, Kamis (9/10/2014), harga emas pada pengiriman Desember mengalami kenaikan sebesar 0,3 persen menjadi di kisaran US$ 1.215,70 per Troy Ounce pada perdagangan di Divisi Comes New York Mercantile Exchange (Nymex). Nilai tukar Dolar As terhadap mata uang negara lain terus menguat selama 12 bulan berturut-turut. Pada pertemuan The Fed juga menyebutkan bahwa pertumbuhan dibeberapa negara seperti Eropa, Jepang dan China mengalami pelambatan.

Hal tersebut akan sangat berpengaruh kepada pertumbuhan ekonomi Amerika karena secara langsung akan menurunkan nilai ekspor. Dengan penguatan dolar tersebut maka bisa mengurangi biaya impor barang dan jasa yang kemungkinan bisa mengakibatkan pelemahan perkonomian yang cukup besar. Pengaruh dari The Fed tersebut langsung memicu harapan para pelaku pasar bahwa Bank Sentral Amerika Serikat akan terus menahan suku bunga di level terendah dalam waktu cukup lama. Harga emas dunia mengalami kenaikan dengan sentimen positif dari penguatan nilai mata uang dolar tersebut. (fauji nur – sisidunia.com)