Home » Ekonomi & Bisnis » Berita Mancanegara Harga Minyak, Turun Akibat Stok Melimpah Dan Pemangkasan Pertumbuhan Global

Berita Mancanegara Harga Minyak, Turun Akibat Stok Melimpah Dan Pemangkasan Pertumbuhan Global



Jakarta – Harga minyak dunia mengalami penurunan sejak kemarin dimana, dilansir dari data Bloomberg Kamis (9/10/2014) menunjukkan, minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman bulan November di perdagangan New York Merchantile Exchange (Nymex) tergerus 1,02% dibanding pada hari sebelumnya menjadi US$ 87,94 per barel. Harga ini terendah sejak Juni 2013. Kondisi yang sama terjadi pada minyak jenis Brent, dimana untuk pengiriman Desember 2014 di ICE Futures Europe turun 0,9% menjadi US$ 91,73 per barel. Harga terendah sejak Juli 2012. Stok minyak Amerika Serikat yang melimpah serta pemangkasan proyeksi pertumbuhan global memicu sentimen negatif di pasar komoditas.

Berita Mancanegara Harga Minyak, Turun Karena Stok Melimpah Dan Pemangkasan Pertumbuhan Global

Pelaku pasar saat ini enggan masuk ke pasar komoditas, termasuk minyak mentah, lantaran sinyal pelemahan permintaan. Adanya lembaga Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas target pertumbuhan ekonomi global pada tahun depan menjadi 3,8% dari proyeksi sebelumnya sebesar 4%. Dalam satu tahun ini lembaga IMF sudah mengoreksi sebanyak 3 kali mengenai target pertumbuhan ekonomi global dikarenakan berbagai gejolak yang ada di berbagai negara.

Minimnya permintaan minyak dunia dipengaruhi oleh stok minyak AS yang masih banyak, dimana American Petroleum Institute tengah melaporkan stok minyak mentah bertambah 5,1 juta barel per pekan lalu. Amerika merupakan negara dengan pengguna minyak terbesar didunia. Sejumlah analis di negara adidaya tersebut memprediksi, Pemerintah AS melalui Energy Information Administration (EIA) akan melaporkan hal yang sama. Mengingat stok minyak AS diprediksi naik sebanyak 2 juta barel, dengan merilis data cadangan pada Rabu waktu setempat. (fauji nur – sisidunia.com)