Home » Ekonomi & Bisnis » Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Negara di Kawasan ASEAN

Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Negara di Kawasan ASEAN



Jakarta – Banyak pakar yang menilai Asia Timur dan Pasifik dianggap akan mendapatkan manfaat yang lebih baik apabila dibandingkan dengan wilayah lain yang diakibatkan oleh pemulihan ekonomi global. Kendati demikian, dampak positif ini tentu berbeda pada setiap negara pada kawasan itu.

Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Negara di Kawasan ASEAN

Menurut Axel Van Trotsenburg wakil dari Bank Dunia bagian Asia Timur dan Pasifik, perbedaan tersebut sesuai dengan iklim investasi serta kondisi ekspor bagi masing-masing negara. Untuk China, Vietnam, Kamboja serta Malaysia merupakan negara yang paling baik guna meningkatkan ekspor.

Untuk Malaysia diperkirakan akan mengalami pertumbuhan ekonomi 5,7 persen yang sebelumnya hanya dipredikasi mampu tumbuh 4,9 persen, Kamboja yang juga diperkirakan tumbuh 7,2 persen dari produk garmenya dan Filipina yang akan diperkirakan juga mengalami pertumbuha sebesar 6,5 persen pada tahun ini dan 6,7 persen pada 2015.

Sementara untuk Indonesia karena masih mengandalkan ekspor komoditas. Pada tahun ini pertumbuhan ekonominya akan turun menjadi 5,2 persen. Angka tersebut mengalami penurunan apabila dibandingkan dengan tahun 2013 yang mencapai 5,8 persen.

Sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi di Myanmar akan naik menjadi 8,5 persen pada tahun ini serta tahun depan. pertumbuhan ekonomi ini karena adanya reformasi kelembagaan serta kebijakan baru dan kembali membaiknya kondisi internasional negara tersebut. (Arkha Satya – sisidunia.com)