Home » News » Pimpinan MPR 2014-2019, Paket Usulan Koalisi Prabowo Menang Dalam Voting

Pimpinan MPR 2014-2019, Paket Usulan Koalisi Prabowo Menang Dalam Voting



Jakarta – Pemilihan pimpinan MPR akhirnya dimenangkan oleh paket B yang diusulkan Koalisi Merah Putih, yang mengusung Zulkifli Hasan sebagai ketua Majelis Permusyawarahan Rakyat. Pemilihan pimpianan MPR dilakukan dengan cara voting setelah tidak mencapai kata sepakat dalam musyawarah mufakat, maka sesuai keputusan ditetapkan cara tersebut. Sesuai dengan hasil voting paket B yang diusulkan oleh Koalisi Merah Putih memenangkan dengan meraih total 347 suara mengalahkan Oesman Sapta Odang sebagai paket A yang diusulkan oleh Koalisi Indonesia Hebat dengan memperoleh 330 suara.

pimpinan-mpr-2014-2019-paket-usulan-koalisi-prabowo-menang-dalam-voting

Pelaksanaan pemungutan suara melalui voting tersebut berlansung sampai dengan Rabu (8/10/2014) dini hari. Sidang Paripurna MPR yang dipimpin oleh pimpinan sementara Maimanah Umar menyampaikan “Dengan demikian hasil pemungutan suara Ketua MPR periode 2014-2019 dimenangkan oleh paket B,” ujarnya. Maimanah pun langsung menetapkan paket B sebagai pimpinan MPR.

Sebelumnya, Rapat Paripurna Pimpinan MPR akhirnya bergulir dengan mekanisme voting. Hal ini lantaran adanya dua nama calon ketua MPR yang diusulkan. Untuk memudahkan pemilihan dalam voting, maka dibuat dua paket Pimpinan yang dinamakan Paket A dengan Oesman Sapta Odang sebagai ketua MPR, sementara paket B dengan Zulkifli Hasan sebagai Ketua MPR. Sebelum melakukan voting, salah seorang anggota meminta agara calon ketua MPR menyampaikan visi-misinya dalam selama menjabat. Proses pemungutan suara yang berlansung sampai memakan waktu hingga kurang lebih empat jam. Pemungutan suara dilaksanakan dengan anggota yang hadir berjumlah 678 orang yang terdiri dari 10 fraksi dan anggota DPD. (fauji nur – sisidunia.com)