Home » News » Pilkada Akan Kembali Diadili Oleh MA, KY dan KPK Harus Lebih Mengawasi

Pilkada Akan Kembali Diadili Oleh MA, KY dan KPK Harus Lebih Mengawasi



Jakarta – Sepertinya sengketa pilkada tidak berhenti begitu saja, Presiden SBY memerintah MA untuk kembali mengadili pilkada. Untuk menjalankan ini MA diminta untuk lebih meningkatkan kerja untuk bisa lebih mengawasi gerak gerik paras hakim, akan terhindar dari suap.

Pilkada Akan Kembali Diadili Oleh MA, KY dan KPK Harus Lebih Mengawasi

“Ini semua juga tidak luput dari kerjasama dengan KY dan juga KPK, yang lebih sering memantau. Sebab dalam pilkada ini banyak sekali godaan dan halangannya,” kata Harjono seorang mantan hakim konstitusi saat dihubungi, Selasa (7/10/2014).

Harjono juga memberikan saran pada MA, untuk lebih ekstra hati-hati dan juga memberikan pelatihan untuk para hakim. Ini karena sudah beberapa tahun lamanya MA tidak lagi mengurusi masalah sengketa pilkada.

“Seperti hakim tinggi, juga hakim agung harus diberi pelatihan lagi. Walaupun pernah menangani sengketa pilkada, tapi harus tetap dipantau kinerjanya,” imbuhnya,

Saran yang diberikan oleh Harjono, Hakim yang akan menangani sengekta pilkada, sebaiknya lepas dari perkara lainnya. Jadi biar menangani hal ini saja, tidak tercampur dengan urusan yang lain.

“Jadi nantinya biar mereka para hakim yang bertugas bisa lebih konsentrasi lagi,” tegas Harjono. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)