Home » Ekonomi & Bisnis » Berita Ekonomi Mancanegara, Harga Minyak Dunia Naik Tipis

Berita Ekonomi Mancanegara, Harga Minyak Dunia Naik Tipis



New York – Harga minyak dunia ditutup pada perdagangan di bursa amerika naik tipis Selasa (7/10/2014) wib, sebuah “rebound” kecil dari penurunan tajam karena kurs dolar yang sedikit melemah. Kontrak berjangka minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) pada pengiriman November di New York Mercantile Exchange, diperdagangkan pada 90,34 dolar AS per barel, naik sebesar 60 sen dari penutupan Jumat kemarin. Sedangkan minyak mentah jenis Brent North Sea untuk pengiriman November, sebagai patokan Eropa menguat sebesar 48 sen menjadi 92,99 dolar AS per barel di perdagangan London.

Berita Ekonomi Mancanegara, Harga Minyak Dunia Naik Tipis

Harga minyak dunia merosot dalam beberapa bulan terakhir. Pada perdagangan pekan kemarin West Texas Intermediate jatuh dikisaran harga 88,18 dolar AS, tingkat yang sama pada April 2013. Sementara jenis Brent NOrth Sea mencapai 91,48 dolar AS, menuju tingkat terendah sejak juni 2012. Kedua kontrak telah diperdagangkan lebih rendah pada pagi hari ditengah latar belakang pertumbuhan permintaan yang lemah dan pasokan minyak dunia yang melebihi kebutuhan, tetapi kemudian menguat pada akhir sesi perdagangan.

Dolar AS yang menguat selama beberapa minggu, mencapai titik tertinggi pada perdagangan Jumat kemarin dalam dua tahun terakhir terhadap euro dan yen, sedikit berkurang pada Senin kemarin. Melemahnya dolar cenderung membuat minyak mentah yang diperdagangkan dalam dolar dan komoditas lainnya lebih menarik bagi para pembeli yang menggunakan mata uang kuat, sehingga mengangkat permintaan. (fauji nur – sisidunia.com)