Home » Ekonomi & Bisnis » Kapitalisasi Pasar Saham Astra dan Sampoerna di Kalahkan Oleh BCA

Kapitalisasi Pasar Saham Astra dan Sampoerna di Kalahkan Oleh BCA



Jakarta – Mendekati akhir dari kuartal III tahun ini, kapitalisasi pasar saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mampu mengungguli saham kapitalisasi saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) PT Astra International Tbk (ASII).

Kapitalisasi Pasar Saham Astra dan Sampoerna di Kalahkan Oleh BCA

Tercatat pada 1 Oktober 2014 kemarin  kapitalisasi pasar saham BCA menempati posisi teratas di pasar saham Bursa Efek Indonesia. BCA mencatat kapitalisasi saham senilai Rp 318 triliun atau sekitar 6,2 % dari total kapitalisasi di pasar saham Bursa Efek Indonesia.

Sementara itu untuk posisi kedua ditempati oleh PT Sampoerna Tbk yang mencatat kapitalisasi pasar sahamnya mencapai Rp 316 triliun atau sekitar 6,2 %. Dan posisi kedua adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk yang membukukan kapitalisasi pasar sahamnya Rp 289 triliun atau 5,6 %.

Sedangkan untuk PT Astra International Tbk menempati posisi ke empat dengan jumlah kapitalisasi pasar sahamnya Rp 283 triliun atau 5,5 % total dari jumlah kapitalisasi di pasar saham Bursa Efek Indonesia.

Akan tetapi pada Jumat 3 Oktober kemarin berdasarkan data dari BEI, kapitalisasi pasae saham BCA bergeser pada posisi kedua dengan nialai Rp 296 triliun atau 6 %. Sementara itu kapitalisasi pasar saham sendiri merupakan harga saham dikali jumlah saham yang beredar pada pasar modal.

Menurut David Sutyanto Analis dari PT First Asia Capital adanya BCA mampu menggeser kapitalisasi pasar saham Astra Internationala, karena BCA lebih cenderung menyasar ritel sehingga memperoleh keuntungan dari dana murah. (Arkha Satya -sisidunia.com)