Home » Ekonomi & Bisnis » Alasan Demonstrasi di Hong Kong Menjadi Perhatian Dari Para Investor

Alasan Demonstrasi di Hong Kong Menjadi Perhatian Dari Para Investor



Jakarta – Ribuan demonstran berkumpul di Kota Hong Kong untuk menuntut hak mereka guna memilih secara langsung pemimpin mereka. bebrapa hari ini keadaan tersebut sangat luar biasa terjadi di tengah-tengah kota Hong Kong. Hong Kong sendiri merupakan bekas jajahan Inggris yang sekarang menjelma sebagai pusat perdagangan dan pintu masuk ke China.

Alasan Demonstrasi di Hong Kong Menjadi Perhatian Dari Para Investor

Masyarakat dan para demonstarn di Hong Kong menginginkan Beijing menurunkan proposal untuk menyaring semua calon pemimpin di Hongkong. Oleh karena itu para pengunjuk rasa serta pejabat setempat akan segera bertemu untuk melalakukan pembicaran terkait hal tersebut agar konflik politik itu tidak berlarut-larut.

Sejak tahun 1997 kembalinya Hong Kong ke Beijing, wilayah tersebut telah diterapkan prinsip ‘satu negara, dua sistem yang menjadikan Hong Kong masuk dalam keungan global.

Selain itu dengan adanya sistem semi ekonomi dari China menjadikan Hong Kong sebagai salah satu kota yang mempunyai saham tertinggi kedua ASIA setelah Tokyo. Dengan jumlah peduduk tak lebih dari 7 juta jiwa serta luas wilayah yang hanya sedikit lebih besar New York, Hong Kong tercatat sebagai 10 peringkat dunia dalam urusan ekspor.

Dengan segala kelebihanya tersebut maka tak heran apabila Hong Kong merupakan kota yang memberikan pelayanan dan keseimbangan bagi perusahaan multinasional bagi China. Oleh karean itu, dengan adanya ketidak stabilan iklim politik antara Hong Kong dengan Beijing membuat para pemilik modal khwatir bagaimana kedepanya kota yang menjadi urat nadi dari China tersebut. (Arkha Satya – sisidunia.com)