Home » Ekonomi & Bisnis » Tidak Mau Kalah Dari Malaysia, Pelabuhan Nunukan Diminta Agar Segera Dibangun

Tidak Mau Kalah Dari Malaysia, Pelabuhan Nunukan Diminta Agar Segera Dibangun



Jakarta – Dahlan Iskan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meminta agar PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III supaya secepatnya membangun pelabuhan yang berada di Kalimantan Timur yakni pelabuhan Nunukan.

Tidak Mau Kalah Dari Malaysia, Pelabuhan Nunukan Diminta Agar Segera Dibangun

Hal tersebut dirasa sangat penting karena kondisi Pelabuhan Nunukan sangat memperihatinkan apabila dibandingkan dengan pelabuhan disebelahnya Tawau, Malaysia. Bahkan Dahlan mengibaratkan antara pelabuhan Nunukan dan Tawau tidak hanya bagaikan bumi dan langit, namun bagaikan sumur dengan langit.

Pada mulanya Dahlan menyuruh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) agar membangun pelabuhan usang tersebut, akan tetapi kewenangan untuk membangun pelabuhan bukan kewenangan dari ASDP.

Selanjutnya ia menunjuk kepada Pelindo III yang merupakan pengelola pelabuhan untuk mengerjakan proyek tersebut. Namun Pelindo tidak bisa berbuat banyak karena izin pembangunan berada di Kementerian Perhubungan.

Oleh karena itu, Peindo III diminta oleh Dahlan Iskan untuk segera berkordinasi dengan Kementerian Perhubungan yang ada di Jakarta. Langkah tersebut diambil agar secepat mungkin memperoleh izin atas pembangunan tersebut sehingga pembangunan pelabuhan Nunukan dapat segera dikerjakan.

Menurut Dahlan saat ini pelaksana tugas Menteri Perhubungan yakni Bambang Susantono mempunyai karakter seperti dirinya yang menginginkan setiap pembangunan harus dikerjakan dengan cepat. Hal tersebut tentu sangat membantu dan mempercepat administrasi pembangunan Pelabuhan Nunukan tersebut. (Arkha Satya – sisidunia.com)