Home » Ekonomi & Bisnis » Sembilan Oktober Fondasi Tanggul Raksasa Akan Mulai Dibangun

Sembilan Oktober Fondasi Tanggul Raksasa Akan Mulai Dibangun



Jakarta – Pemerintah membuat kepastian untuk memulai konstruksi pemasangan groundbreaking (tiang pancang) tanggul raksasa (Giant Sea Wall) pada 9 Oktober pekan depan. proyek besar ini adalah bagian dari megaproyek The National Capital Integreted Coastal Development.

Sembilan Oktober Fondasi Tanggul Raksasa Akan Mulai Dibangun

ilustrasi

Menurut Chairul Tanjung Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, tanggul yang berfungsi untuk mengatisipasi banjir tersebut akan memerlukan waktu yang panjang untuk menyelesaikanya. Adanya proyek ini diharapkan menjadi solusi banjir yang sering melanda ibukota Jakarta karena adanya penurunan tanah dan naiknya air laut.

Ia pun menambahkan selain membendung air agar Jakarta tidak banjir. Ada berbagai fungsi yang bermanfaat apabila tanggul raksasa tersebut selesai dibangun seperti cadangan air baku, pengembangan daerah baru dan masih banyak lagi rencana atau pengembangan lain yang multifungsi.

Sementara itu, Ahmad Heriawan Gubernur Jawa Barat yang juga mengikuti rapat kordinasi pembangunan megaproyek tersebut. Ia hanya memenuhi undangann dari Menko Perekonomian. Karena proyek tersebut banyak berkonsentrasi di Jakarta namun juga akan melewati daerah Banten dan Bekasi kendatipun hanya sedikit yang dilewati.

Dalam rapat kordinasi Masterplan ini rencananya akan dihadiri langsung oleh Menko Perekonomian, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional, Menteri Pekerjaan Umum. Tak hanya itu Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Riset dan Teknologi, Menteri Perhubungan serta para Guber yang melibatkan tiga daerah yang dilewati megaproyek tersebut juga tak ketinggalan hadir. Seperti Gubernur Banten, Gubernur Jawa Barat, dan Gubernur DKI Jakarta. (Arkha Satya – sisidunia.com)