Home » Ekonomi & Bisnis » Pertamina Enggan Untuk Membangun Kilang Minyak

Pertamina Enggan Untuk Membangun Kilang Minyak



Jakarta – PT Pertamina (Persero) mengungkapkan ia masih enggan untuk membangun kilang mini yang meminimalisir dampak defisit produk minyak di Indonesia. Mereka memilih untuk lebih meningkatkan nilai produksi kilang yang ada.

Pertamina Enggan Untuk Membangun Kilang Minyak

Menambah kapasitas produksi dinilai lebih penting oleh pertamina. Karena di Indonesia konsumsi bahan bakar minyaknya mengalami peningkatan rata-rata 8% pada 5 tahun terakhir ini. Dan mereka juga memperkirakan nilai tersebut akan tetap berlanjut pada 5 tahun yang akan datang.

Bahkan Pertamina memiliki rencana untuk menambah produksi dari kilang yang sudah ada dengan menggait perusahan asing. Recana tersebut sekarang masih dalam tahap studi bekerja sama dengan UOP LCC, perusahaan yang berbasis di Amerika dan merupakan anak perusahaan dari Honeywell. UOP LCC sendiri adalah perusahaan yang menyediakan teknologi kilang minyak serta petrokimia yang sudah bertaraf internasional.

Apabila terlaksana Pertamina akan menambah produksi hingga 500.000 barel per hari. Itu berarti nanti kilang minyak yang dimiliki oleh Pertamina akan mampu produksi minyak sebesar 1,5 juta barel per hari yang sebelumnya hanya mampu memproduksi 1,04 juta barel per hari. Kilang tersebut dapat juga mengolah minyak baik yang berkualitas rendah atau yang memiliki kadar belerang yang tinggi.

Sedangkan untuk saat ini. Pertamina sendiri memiliki enam kilang minyak yakni di daerah Cilacap, Dumai, Balikpapan, Riau dan Plaju, Balongan, Papua Barat dan Sumatera Selatan. (Arkha Satya – sisidunia.com)