Home » News » Koalisi Jokowi-JK, Ketua MPR Disepakati Dari DPD

Koalisi Jokowi-JK, Ketua MPR Disepakati Dari DPD



Jakarta – Koalisi Indonesia Hebat yang mendukung Presiden terpilih Jokowi-JK sepakat mengajukan paket pimpinan Majelis Pemusyawaratan Rakyat bersama dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada senin esok dalam sidang paripurna di gedung DPR. Kedua kubu telah sepakat memberikan posisi ketua MPR kepada DPD. Dikutip dari berbagai sumber Minggu (5/10/2014) Ketua Umum Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar mengatakan “Dalam menuju musyawarah untuk mufakat, kami sepakat Insyaallah kami akan mendorong dan mendukung keinginan dari DPD untuk menjadi Ketua MPR,” ungkapnya usai pertemuan di kediaman Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Jakarta.

Koalisi Jokowi-JK, Ketua MPR Disepakati Dari DPD

Muhaimin menuturkan koalisi Jokowi-Jk dan DPD sepakat untuk tidak terjadi faksi dalam proses pemilihan MPR besok. Sehingga, Koalisi Indonesia Hebat mendorong agar usulan menjadikan DPD sebagai ketua MPR disepakati bersama, termasuk dengan koalisi merah putih.

Opsi ini adalah jalan tengah oleh Kubu Koalisi Indonesia Hebat untuk menghindari proses pemilihan seperti yang terjadi pada pemilihan kursi pimpinan DPR. Pada esok senin, MPR akan kembali bersidang untuk memilih paket pimpinan MPR. DI dalam komposisi pimpinan MPR harus terdiri dari lima calon yang terdiri dari empat orang dari empat fraksi partai yang berbeda dan satu orang dari DPD. (fauji nur – sisidunia.com)