Home » News » DPD Menjadi Ketua MPR, Koalisi Jokowi-JK Ajak KMP Paket Gabungan

DPD Menjadi Ketua MPR, Koalisi Jokowi-JK Ajak KMP Paket Gabungan



Jakarta – Koalisi Indonesia Hebat yang selama ini dikenal pendukung Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) menawarkan paket ketua MPR di pegang Dewan Pimpinan Daerah (DPD), bahkan Koalisi Jokowi ini mengajak Koalisi Merah Putih (KPM) untuk bergabung didalam nya dan dinamakan Koalisi Gabungan.

Keputusan koalisi Indonesia Hebat ini mendapatkan respon positif dari Joko Widodo, paket Ketua MPR dengan calon dari DPD akan membuka peluang untuk merangkul kubu KMP untuk bergabung didalamnya.

KMP, DPD Dicalonkan Jadi Ketua MPR

“Tadi kan disebutkan adanya DPD untuk musyawarah mufakat. Nah, makanya kami mendukung,” tegas Jokowi usai mengikuti rapat bersama partai koalisi di rumah Megawati Soekarnoputri, Jakarta, Minggu (5/10/2014).

Opsi ini masih dicoba dan ditawarkan pada koalisi Merah Putih, dan menawarkan dua paket Wakil Ketua pada partai koalisi KMP, “Politik itu kan tiap detik, tiap menit berubah,” kata Jokowi.

Menurut keterangan dari Wakil Sekretaris Jenderal PDI-P, Ahmad Basarah, alasan pihaknya mengalah dan menawarkan opsi DPD menjadi Ketua MPR merupakan jalan yang terbaik tanpa melalui proses yang sangat panjang.

“Ini malah bagus terbuka untuk diskusi. Kalau kami mengajukan sendiri, malah jadi buntut,” jelas Basarah.

Baca Juga:

Jika tidak mengalah, maka dalam pemilihan pimpinan MPR tampaknya Koalisi Indonesia Hebat akan kalah kuat bila dibandingkan dengan dukungan partai Koalisi Merah Putih seperti halnya saat pengajuan Paket Pimpinan DPR pekan lalu. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)