Home » News » Berita Politik, Demokrat Kembali Masuk Paket Pimpinan MPR Usulan KMP

Berita Politik, Demokrat Kembali Masuk Paket Pimpinan MPR Usulan KMP



Jakarta – Paket calon pimpinan MPR dari Koalisi Merah Putih (KMP) telah memutuskan akan mengusung empat kandidat dari koalisi serta satu kandidat dari Partai Demokrat yang akan diajukan pada sidang paripurna MPR pada senin mendatang. Wakil ketua umum Gerindra Fadli Zon memastikan pemilihan Demokrat sebagai ketua MPR sudah diputuskan secara musyawarah mufakat dan disepakati semua partai.

Berita Politik, Demokrat Kembali Masuk Paket Pimpinan MPR Usulan KMP

Hadir dalam pertemuan tersebut adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suryadharma Ali, Presiden Partai Keadilan Sejahtera Anis Matta, dan elite partai dalam koalisi. Hadir pula wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua. Dikutip dari beberapa sumber wakil ketua umum partai Gerindra Fadli Zon menyatakan “Demokrat (ketua MPR-nya),” ungkapnya usai pertemuan tertutup dengan elite parpol Koalisi Merah Putih di kediaman Ketua Presedium koalisi Aburizal Bakrie, Jalan Ki Mangunsarkoro, Menteng, Jakarta Pusat Minggu (5/10/2014) dini hari.

Fadli zon menyatakan tidak ada rasa iri dari partai lain meskipun Demokrat adalah partai penyeimbang. Hal yang sama disampaikan Max Sopacua bahwa Demokrat masuk dalam paket calon pimpinan MPR yang diajukan oleh Koalisi Merah Putih. Namun enggan merinci jatah sebagai ketua atau wakil ketua. Pada sebelumnya, Demokrat secara mengejutkan masuk dalam paket calon pimpinan DPR yang diajukan koalisi merah putih dalam sidang paripurna pemilihan pimpnan DPR. Koalisi Indonesia Hebat yang mendukung pasangan Presiden terpilih Jokowi-JK yang terdiri dari empat parpol gagal melobi partai lain, akhirnya tidak dapat mengusung paket calon pimpinan DPR. Dimana sesuai undang-undang MD3 pengajuan pimpinan DPR harus mencakup lima orang dari lima fraksi berbeda. Hal yang sama juga akan dilakukan dalam pemilihan pimpinan MPR. (fauji nur – sisidunia.com)