Home » Travel & Kuliner » Resep Idul Adha: Cara Membuat Gulai Kambing Yang Enak

Resep Idul Adha: Cara Membuat Gulai Kambing Yang Enak



Jakarta – Gulai kambing sepertinya memang masakan yang spesial di Hari Raya Idul Adha. Banyak sebagian orang yang merasa kalau memasak gulai kambing adalah hal yang sulit, memang jika kita tidak pandai mengolahnya, tidak akan bisa menjadi masakan yang enak.

Resep Idul Adha: Cara Membuat Gulai Kambing Yang Enak

Di hari yang spesial ini alangkah bahagia kumpul dengan keluarga dengan memakan menu yang istimewa ini. Silahkan anda simak resep dan olahan untuk membuat gulai kambing, yang diperoleh sisidunia dari sebuah kiriman yang masuk ke redaksi kami, Sabtu (4/9/2014).

Bahan dan Bumbu :
500 g daging kambing, potong kecil-kecil
1 buah kelapa, parut ambil santanya kurang lebih 1 ltr
2 sdm bawang merah goreng
2 cm kayu manis
1 btg serai, pipihkan
4 bh kapulaga
5 btr cengkih
1 cm lengkuas
2 lbr daun jeruk purut
1 lbr daun salam

Bumbu Yang Dihaluskan:
3 bh cabai merah keriting / rawit
6 btr bawang merah
2 siung bawang putih
3 btr kemiri
1 cm kunyit
1 cm jahe
1 sdm ketumbar
1/4 sdt klabet
1/4 sdt pala bubuk
1/4 sdt adas
1/4 sdt jintan
1 sdt asam Jawa
1 sdt garam

Untuk langkah pertama, panaskan lebih dahulu minyak goreng kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Hingga matangbdan keluar aroma harum dari bumbu yang sudah ditumis.

Lalu masukkan potongan daging kambing ke dalam tumisan bumbu, aduk semua hingga merata dan meresap kedalam daging hingga berubah warna.

Selanjutnya masukkan santan dan masak dengan menggunakan api kecil. Tunggu sampai semua bumbu meresap dan daging kambing menjadi empuk. Setelah matang gulai kambing pun siap untuk dinikmati selagi masih hangat. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)