Home » Ekonomi & Bisnis » Harga Minyak Dunia Terus Turun Seiring Melimpahnya Stok

Harga Minyak Dunia Terus Turun Seiring Melimpahnya Stok



Jakarta – Harga minyak dunia terus mengalami penurunan dalam kurun waktu sepekan ini. Hal ini disebabkan karena melimpahnya pasokan minyak secara global yang mengakibatkan adanya penekanan pasar dan penguatan dolar Amerika Serikat (AS).

Harga Minyak Dunia Terus Turun Seiring Melimpahnya Stok

Dilansir SisiDunia.com dari Wall Street Jornal, harga minyak yang menjadi patokan harga global yakni minyak jenis brent, telah turun 20 persen dari posisi tertinggi beberapa bulan terakhir.

Pada penutupan perdagangan Sabtu pagi waktu indonesia, harga minyak dengan jenis Brent melemah 1,2 % atau US$ 1,11 menjadi US$ 92,31 per barelnya pada ICE Futures Europe.

Sedangkan untuk minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) turun 1,4 % dari US$ 1,27 menjadi US$ 89,74 per barel pada New York Mercantile Exchange.

Persediaan minyak global melebihi permintaan minyak dunia pada beberapa bulan terakhir ini. Hal ini memicu anggapan bagi para pelaku pasar mengenai apakah OPEC organisasi negara pengekspor minyak akan mengurangi produksi minyaknya guna menjaga harga tetap setabil.

Namun disisi lain, akhir-akhir ini nilai tukar dolar menguat terhadap mata uang lainya setelah adanya data pekerjaan umum AS September yang bernilai positif. Penguatan dolar AS atas mata uang lainya membuat harga minyak lebih mahal bagi negara yang membeli dengan menggunakan mata uang asing. (Arkha Satya -sisidunia.com)