Home » Travel & Kuliner » Tips Cara Menghilangkan Bau Amis Prengus Daging Kambing

Tips Cara Menghilangkan Bau Amis Prengus Daging Kambing



Jakarta – Idul Adha 1435H tak terasa sudah di depan mata. Mayoritas penduduk Indonesia yang beragama muslim akan merayakan hari besar agama islam tersebut. Pada momen Idul Adha, beberapa orang akan menyumbangkan hewan untuk kurban, bisa berupa sapi ataupun kambing. Nah, sebagian besar orang tentunya akan mendapatkan daging kambing pada saat Idul Adha nanti. Terkadang kita pernah memakan daging kambing dan tercium aroma prengus ataupun amis.

Tips Cara Menghilangkan Bau Amis Prengus Daging Kambing

Daging kambing yang amis dan prengus memang sudah menjadi ciri khasnya. Nah, namun ada trik dan cara untuk mengurangi bau amis tersebut. Berdasarkan pantauan tim sisidunia pada beberapa situs resep online, Jumat (03/10/2014), berikut ini terdapat beberapa tips cara menghilangkan bau amis prengus daging kambing :

  1. Timun. Pertama-tama kita potong timun menjadi beberapa bagian. Setelah itu, kita campur atau lumatkan bersama daging kambing, dan aduk selama beberapa menit. Apabila masih menyengat bau amisnya maka bisa dilakukan berulang.
  2. Jeruk nipis. Salah satu cara lain yang diyakini bisa mengurangi bau menyengat daging kambig adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya, lumat perasan jeruk nipis ke daging kambing, lumat terus menerus, kemudian diamkan selama beberapa menit sebelum dimasak.
  3. Nanas muda. Untuk cara yang lainnya yaitu dengan menggunakan nanas muda. Caranya mudah, ambil perasan dari air nanas muda yang diperas ataupun digiling, setelah itu rendam daging kambingnya ke dalam airnya tadi. Tunggu beberapa menit sebelum daging dimasak.
  4. Daun jambu klutuk. Caranya mudah, cukup tambahkan beberapa lembar daun kutuk pada daging kambing yang direbus. Setelah itu, angkat daging kambing dan diamkan beberapa saat. Apabila drasa masih bereroma menyengat, bisa dilakukan kembali.

(Deva Hikmah – sisidunia.com)