Home » News » Pemilihan Ketua DPD, Irman Gusman Kembali Pimpin DPD

Pemilihan Ketua DPD, Irman Gusman Kembali Pimpin DPD



Jakarata – Setelah melalui pemilihan secara voting, akhirnya Dewan Perwakilan Daerah memutuskan incumbent Irman Gusman kembali menduduki Ketua DPD untuk periode 2014-2019, berhasil mengalahkan pesaingnya Farouk Muhammad senator asal Nusa Tenggara Barat dengan selisih peroleh sekitar 13 suara. Pada voting yang berlansung hingga dini hari Jumat (3/10/2014) wib Irman Gusman berhasil mendapatkan 66 suara, sementara Farouk 53 suara dengan 3 suara abstain.

Pemilihan Ketua DPD, Irman Gusman Kembali Pimpin DPD

Irman Gusman yang kembali menduduki ketua DPD berharapa Dewan Perwakilan Daerah dapat menjadi jembatan penyeimbang antara koalisi Jokowi dan Prabowo pada Dewan Perwakilan Rakyat. Irman Gusman juga berjanji tidak akan membawa DPD condong pada salah satu pihak. Farouk Muhammad yang akhirnya terpilih sebagai wakil ketua DPD ditemani oleh senator asal Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu Hemas sebagai Wakil Ketua DPD. Istri Gubernur Yogyakarta tersebut sebenarnya masuk sebagai kandidat ketua DPD namun gugur pada pemilihan putaran pertama, dengan hasil ini maka pimpinan DPD saat ini lengkap karena terdiri dari unsur perwakilan Indonesia bagian barat, tengah, dan timur.

Gusti Kanjeng Ratu Hemas juga menyampaikan tantangan terbesar bagi Dewan Perwakilan Daerah adalah adanya stigma bahwa lembaga yang berisi senator dari seluruh tanah air tersebut dinilai kurang berkontribusi terhadap pembangunan. (fauji nur – sisidunia.com)