Home » News » Berita Mancanegara, Demo Hong Kong Masa Ingin Duduki Kantor Pemerintah

Berita Mancanegara, Demo Hong Kong Masa Ingin Duduki Kantor Pemerintah



Hong Kong – Ketua Administratif Hong Kong Leung Chun-ying menolak tuntutan para demonstran yakni untuk mundur dari jabatannya sekarang pada hari ini Jumat (3/10/2014) sesuai batas waktu yang diberikan para pendemo, sementara aparat kepolisian sedang berjaga-jaga sembari mengingatkan kepada mereka konsekuensi agar tidak mengepung gedung pemerintahan. Leung yang berbicara kepada media beberapa menit sebelum batas waktu yang ditentukan oleh para mahasiswa untuk mengundurkan diri pada hari ini, serta menyampaikan Chief Secretary Carrie Lam akan mengadakan pertemuan.

berita-mancanegara-demo-hong-kong-masa-ingin-duduki-kantor-pemerintah

Pertemuan dengan mahasiswa ini bertujuan untuk membahas reformasi politik, namun belum mau menjelaskan reformasi seperti apa yang akan dibicarakan. Meski tidak menimbulkan kerusuhan, ratusan ribu mahasiswa masih berada diluar kantor Leung sambil meneriakkan kekecewaan mereka. Namun tidak ada korban dalam aksi tersebut. Dikutip dari Rueters seorang insinyur mesin yang berusia 35 tahun mengungkapkan “Permintaan kami sangat sederhana. Kami ingin demokrasi yang sejati. Ketika anda meminta apel maka berikanlah apel. Anda tidak bisa menerima jeruk yang mirip apel,”ungkapnya saat diwawancarai.

Sejumlah kalangan lain mengatakan pemerintah Hong Kong sengaja mengulur-ulur waktu dan menunggu hingga aksi demonstrasi mereda dengan sendirinya. Dimana Pemerintah menyatakan ingin berdialog dengan para demonstran, namun pada kenyataannya prediksi yang dikemukakan para pendemo benar adanya, pemerrintah sengaja menunggu. (fauji nur – sisidunia.com)