Home » Ekonomi & Bisnis » Target Jokowi Untuk Pertumbuhan Ekonomi 7% Dirasa Sulit Terealisasi

Target Jokowi Untuk Pertumbuhan Ekonomi 7% Dirasa Sulit Terealisasi



Jakarta – Pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan akan mencapai 7 % oleh pemerintahan presiden baru kita Joko Widodo (Jokowi) banyak yang menilai sulit untuk direalisasikan. Banyaknya permasalahan yang harus diselesaikan dan pekerjaan rumah yang menumpuk ditengarahi sebagai faktor yang paling utama.

Target Jokowi Untuk Pertumbuhan Ekonomi 7% Dirasa Sulit Terealisasi

Menurut Martowardodjo Gubernur Bank Indonesia untuk mencapai 7 % yng telah ditargetkan memerlukan banyak perhatian dan memerlukan reformasi struktural. Untuk melakukan reformasi struktural sendiri ada banyak yang harus dilakukan pemerintahan baru dari Jokowi, salah satunya menjaga inflasi agar tetap serendah mungkin serta menjaga transaksi berjalan dengan harapan menjaga angka defisit tidak terlalu besar.

Selain itu ada juga tantangan dari perekonomian global semisal adanya rencana untuk menormalisasikan atau penarikan stimulus fisikal Amerika dan mulai melemahnya perekonomian di China.

Sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya mencapai 5 % dalam 10 tahun terkhir ini.  Sementara inlasi yang tercatat dalam 10 tahun yang lalu mencapai 6-8 persen, dan untuk sekarang inflasi sudah mencapai 4-5 persen. Kondisi tersebut harus tetap dijaga sembari terus dipacunya pengelolaan transaksi berjalan yang tidak menuntup kemungkinan defisit bisa mencapai 2 % dan inflasi dapat ditekan menjadi 3,5 % .

Lebih lanjut ia mengungkapkan apabila kondisi tersebut dapat dipertahankan tumbuhnya perekonomian 7% dapat terealisasi. Namun ia memprediksi Jokowi baru bisa mencapai target tersebut pada akhir jabatan presidennya. (Arkha Satya – sisidunia.com)