Home » News » UU Pilkada, Langkah SBY Akan Keluarkan Perppu Pilkada Disambut Baik Habibie

UU Pilkada, Langkah SBY Akan Keluarkan Perppu Pilkada Disambut Baik Habibie



Jakarta – Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada) lewat DPRD hingga saat ini masih terus mendapatkan perhatian dari banyak pihak, tanpa terkecuali BJ Habibie. Presiden Republik Indonesia ke 3 tersebut menyambut positif langkah Presiden SBY yang akan memunculkan Perppu Pilkada.

UU Pilkada, Langkah SBY Akan Keluarkan Perppu Pilkada Disambut Baik Habibie

Berlokasi di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (01/10/2014), BJ Habibie mengaku belum mengetahui dan membaca isi Perppu Pilkada yang dimaksud Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara detail. Namun demikian langkah tersebut diyakini memiliki itikad baik”Saya yakin itikadnya (SBY) itu baik,” ujar Presiden ke 3 RI Habibie.

Adapun beberapa waktu sebelumnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga merupakan Ketua Umum Partai Demokrat mengatakan berencana mengeluarkan Perppu Pilkada (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah), dimana hal itu dilakukan agar kembalinya Pilkada langsung.

Dan keputusan untuk memunculkan Perppu Pilkada tersebut dilaporkan berdasarkan hasil pertemuan tertutup SBY dengan para petinggi PD beberapa waktu lalu di Hotel Sultan, Jakarta. Presiden SBY sampai sejauh ini memang diketahui merasa kecewa atas putusan sidang yang mengesahkan UU Pilkada lewat DPRD.

Pasalnya, SBY merasa lebih tepat jika pemilihan kepala daerah dilakukan secara langsung sehingga hak politik masyarakat Indonesia tidak terambil. Namun demikian, SBY meminta Pilkada langsung itu diiringi dengan adanya 10 perbaikan sebagaimana telah diajukan pihak Partai Demokrat sebelumnya. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)