Home » News » Berita Mancanegara, Hong Kong Hari Ini Dipenuhi Ratusan Ribu Pengunjuk Rasa

Berita Mancanegara, Hong Kong Hari Ini Dipenuhi Ratusan Ribu Pengunjuk Rasa



Hong Kong – Demonstran Hong kong akan menggelar demo besar-besaran dengan mengerahkan sekitra 100 ribu lebih orang yang ikut dalam unjuk rasa kali ini. Padahal, hari ini adalah perayaan hari nasional ke-65 Negeri Tirai Bambu dengan damai namun, pemerintah Baijing dibayangi aksi unjuk rasa yang terjadi di Hong Kong. Dilansir dari Channel News Asia, Rabu (1/10/2014) ‘Biasanya hari nasional China di Hong Kong diperingati dengan menggelar kembang api di VItoria Harbour. Namun tahun ini pergelaran kembang api ditiadakan karena aksi unjuk rasa yang besar di jalan-jalan masih terus berlangsung.

Berita Mancanegara, Hong Kong Hari Ini Dipenuhi Ratusan Ribu Pengunjuk Rasa

Diprediksi aksi demonstrasi kian menyedot massa, menurut aktivis pergerakan bernama Occupy Central, Ed Chin para pendemo menuntut supaya Kepala Administratif Hong Kong, Leung Chun-Ying memenuhi tuntutan mereka, termasuk mundur dari jabatannya. Leung sendiri mendapat ultimatum dari para demonstran hingga tengah malam 1 oktober nanti, apabila tidak ditemui secara langsung, unjuk rasa yang lebih besar akan terus dilakukan hingga beberapa hari ke depan.

Sementara Sekretaris Jenderal Pelajar Hong Kong, Alex Chow mereka akan terus memperluas arae pendudukans selain itu berusaha untuk menduduki beberapa gedung pemerintahan. Kepala Administrasi Hong Kong, Leung menyalahkan para demonstran karena dianggap menyebabkan terancamnya perekonomian, mencoreng citra serta ketidaknyamanan bagi penduduk kota administratif negara tersebut.

Leung juga menolak untuk mundur dari kepala administratif Hong Kong sesuai tuntutan demonstran. Bahkan, ia meminta agar unjuk rasa segera diakhiri. Pemerintah Pusat Beijing tetap tidak akan mengubah sikap dan tidak menuruti tuntutan para demonstran. Aksi unjuk rasa besar-besaran dipicu tuntutan sebagai warga yang meminta adanya pemilihan kepala asminstratif secara langsung. (fauji nur – sisidunia.com)