Home » Ekonomi & Bisnis » Indonesia Memiliki Tenaga Kerja Konstruksi Berdaya Saing Tinggi

Indonesia Memiliki Tenaga Kerja Konstruksi Berdaya Saing Tinggi



Jakarta – Djoko Kirmanto Menteri Pekerjaan Umum optimis tenaga kerja konstruksi Indonesia mempunyai daya saing serta komparatif yang tinggi. Apabila dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainya Indonesia memiliki tenaga konstruksi yang tak kalah.

Indonesia Memiliki Tenaga Kerja Konstruksi Berdaya Saing Tinggi

Ia juga menambahkan nilai pasar konstruksi di Indonesia akan sejajar dengan pasar konstruksi yang ada di Korea Selatan, lebih jauh lagi Indonesia diperkirakan akan menjadi pasar perumhan terbesar ketida di seluruh dunia. oleh karena itu, Indonesia tidak hanya menjadi pasar yang potensial namun juga akan berperan sebagai basis produksi di bidang konstruksi yang ada di kawasan ASEAN.

Untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akhir 2015 nanti. Menteri Pekerjaan Umum tersebut menghimbau agar pelaku konstruksi yang ada di Indonesia untuk bersiap diri guna menghadapi persingan bebas di Kawasan Asia Tengggara. Kedisiplinan dan etos kerja yang tinggi sangat dibutuhkan bagi pelaku sektor konstruksi.

Sementara itu, pemerintah juga sudah mengambil langkah yang progresif mengenai hal tersebut. Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean pada 2015 pemerintah mengeluarkan regulasi bahwa untuk melakukan jasa konstruksi di Indonesia, harus ada kerjasama antara Badan Usaha Jasa Konstruksi ASEAN dengan Badan Usaha Jasa Konstruksi nasional yakni  dalam bentuk joint venture atau join operation. (Arkha Satya – sisidunia.com)