Home » Gaya Hidup » Idul Adha 2014, Jangan Kemas Daging Kurban Dengan Kantong Plastik Hitam

Idul Adha 2014, Jangan Kemas Daging Kurban Dengan Kantong Plastik Hitam



Samarinda – Penggunaan kantong plastik sebagai pembungkus sangat sering digunakan, terlebih pada saat ini banyak sekali jenis kantong plastik yang beredar dimasyarakat. Hal yang patut diperhatikan saat mendistribusikan daging kurban diharpakan kemasan daging kurban harus menggunakan kantong plastik putih serta tidak dicampur daging dengan organ dalam.

Idul Adha 2014, Jangan Kemas Daging Kurban Dengan Kantong Plastik Hitam

Dikutip dari berbagai sumber Selasa (30/9/2014) Jumiyanti selaku Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Perternakan dan Perikanan Kota Samarinda, Kalimantan Timur menyampaikan “Kami meminta agar daging kurban nanti tidak dibungkus kantong plastik hitam sebab kemasan plastik dengan warna yang dimaksud tadi rentan terkontaminasi zat kimia,” ungkapnya. Hal ini untuk menghindari agar tidak tercemar. Jadi, kalau memang ada bagian organ dalam yang ikut dibagikan sebaiknya dipisahkan dengan kantong plastik lain.

Setelah dipotong, hewan kurban segera didistribusikan. Sebaiknya tidak lebih dari empat jam jika lewat dari masa tersebut, maka daging akan memasuki dalam tahap proses pembusukan. Panitia juga diharapkan memanfaatkan atau menggunakan boks berisi es batu sebagai pendingin untuk menjaga keawetan dari daging kurban tersebut. Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Samarinda melakukan pemantauan pada beberapa titik lokasi pemotongan hewan kurban. Pemantauan dan pengecekan ini untuk memastikan apakah ada indikasi serangan antrax terhadap hewan kurban yang ada di Kota Samarinda.