Home » Techno » FireChat, Aplikasi Via Bluetooth Andalan Pendemo Hong Kong

FireChat, Aplikasi Via Bluetooth Andalan Pendemo Hong Kong



Hongkong – Para pengunjuk rasa di Hongkong tetap dapat berinteraksi dengan yang lain dengan menggunakan aplikasi chatting FireChat, karena pemerintah Cina telah membatasi penggunaan media sosial dan memblokir akses sistem seluler. Pengunjuk ras membuat “koneksi pribadi” dengan menggunakan aplikasi pesan khusus chatting telah digunakan lebih dari 100 ribu pendemo untuk saling berkomunikasi. FireChat sendiri dikembangkan oleh perusahaan Open Garden asal San Francisco, Amerika Serikat. Tidak seperti aplikasi chatting kebanyakan yang menggunakan jaringan internet. FireChat menggunakan koneksi Bluetooth untuk berkirim pesan.

FireChat, Aplikasi Via Bluetooth Andalan Pendemo Hong Kong

Dikutip dari Financial Times Selasa (30/9/2014) Cristophe Daligault, Wakil Presiden Open Garden mengatakan “Para pendemo telah membentuk ratusan chat room berbeda untuk saling mengingatkan tentang kehadiran polisi “preman” atau ancaman serangan dari pihak berwajib.” ungkapnya. FireChat menjadi media komunikasi utama sejak demo berlangusng selama akhir pekan. Terjadi kenaikkan aktivitas sebesar 150 kali selama demo berlangsung.

Sejak demo semakin memanas pekan lalu, pemerintah Cina mulai memblokir instagram dan weibo (twitter versi China) untuk mencegah tersebarnya gambar dari puluhan ribu pendemo di Hongkong ke dunia luar. Jaringan ponsel juga dilaporkan kelebihan beban sejak protes berlangsung, sehingga sistem jaringan komunikasi mengalami gangguan. (fauji nur – sisidunia.com)