Home » News » Ahok, Ingin Ombudsman Awasi Pelayanan Terpadu Satu Atap DKI Jakarta

Ahok, Ingin Ombudsman Awasi Pelayanan Terpadu Satu Atap DKI Jakarta



Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta kepada lembaga Ombudsman untuk mengawasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di DKI Jakarta, guna mengetahui adanya penyelewengan atau penyimpangan. Ahok menjelaskan, Lembaga Ombudsman dalam memberikan informasi kepada Pemprov DKI Jakarta dengan merekam seluruh proses perizinan dari awal hingga selesai sehingga akhirnya dapat disesuaikan dengan standart operasional yang telah ada. Ombudsman juga menyediakan layanan hotline agar warga dapat langsung melaporkan jika ada penyimpangan.

Ahok, Ingin Ombudsman Awasi Pelayanan Terpadu Satu Atap DKI Jakarta

Basuki Tjahja Purnama meminta pihaknya segera memperbaiki dan memperkuat regulasi mengenai tata cara pelayanan publik, khususnya soal perizinan. Peraturan sebagai bentuk antisipasi praktik pungutan liar yang selama ini ada di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Dikutip dari berbagai sumber Selasa (30/9/2014) Ahok mengatakan “Jadi Ombudsman tuh mereka bantu kita mata-matain. Karena kita mau layanan satu pintu kaya bank, pengawasan,” ucapnya di Balaikota DKI Jakarta.

Berdasar laporan Ombudsman, hingga saat ini pungli masih terjadi di lingkungan instansi DKI, terutama dalam pengurusan perizinan di Dinas Pariwisata dan Dinas UMKM walupun Pemprov sudah membentuk PSTP. Menurut Ahok, kedua dinas tersebut masih memakai pergub lama dalam proses perizinan yang digunakan oleh oknum kelurahan meminta uang kepada warga. Oknum tersebut meminta imbalan. Ketika warga datang mengurus perizinan, oknum tersebut akan mempersulit prosesnya jika imbalan tidak dibayarkan. Sementara warga yang kurang mengetahui mekanismenya hanya bisa pasrah. (fauji nur – sisidunia.com)