Home » Travel & Kuliner » Resep Masakan: Cara Membuat Sate Bakar Ayam Telur

Resep Masakan: Cara Membuat Sate Bakar Ayam Telur



Jakarta – Menu makanan sate pasti banyak yang akan menyukainya. Apalagi jika satenya terbuat dari ayam, namun bagaimana bila telur juga dipadukan dengan ayam untuk dijadikan sate?

Resep Masakan: Cara Membuat Sate Bakar Ayam Telur

Menarik bukan resep masakan sisidunia kali ini, resep ini kami peroleh dari sebuah kiriman yang masuk ke redaksi kami, Senin (29/9/2014). Jikan anda ingin kreasi yang lain untuk membuat sate, tidak ada salahnya jika anda mencobanya. Silahkan baca bahan dan juga langkahnya di bawah ini.

Bahan Ayam:
1 buah dada ayam, dipotong kotak
2 buah paha ayam, dipotong kotak
2 lembar daun salam
2 batang serai, dimemarkan
2 cm lengkuas, diparut
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk
2 sendok makan kecap manis
1 sendok teh air jeruk limau
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 butir kemiri, disangrai
1 sendok teh ketumbar bubuk

Bahan Telur:
4 butir telur, dikocok lepas
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk

Pelengkap:
3 batang daun bawang, dipotong-potong 2 cm

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menumis semua bumbu yang sudah dihaluskan, lalu tambahkan daun salam, serai, serta lengkuas, hingga berbau wangi.

Masukkan ayam ke dalam tumisan bumbu tadi, sambil tambahkan garam, gula pasir, dan merica bubuk. Terus masak hingga ayam berubah warna. Setelah itu tambahkan kecap dan juga air limau ,aduk lagi hingga merata, angkat serta dinginkan.

Baca juga:
Resep Masakan: Cara Membuat Pangsit Goreng Daging Kecap Lezat

Untuk telurnya, campur telur dengan garam dan merica bubuk, aduk hingga merata. Dadar telur di atas wajan teflon yang bundar, angkat dan gulungkan.

Potong-potong telur setebal 2 cm, sisihkan. Lebih dahulu tusuk daging ayam, telur, daun bawang, telur, dan paha ayam, lakukan hal yang serupa hingga semua bahan habis. Selanjutnya bakar tusukan sate ayam dan telur tadi hingga matang. Sate bakar ayam telur siap untuk disajikan. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)